ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Lengkapi Koleksi Buku, Dispusip Berau Anggarkan Rp 975 Juta

June 22, 2023 by  
Filed under Berau

Share this news

TANJUNG REDEB – Upaya menambah bahan pustaka bagi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Berau hal pokok yang harus diusahakan setiap tahunnya. Karena perkembangan ilmu pengetahuan setiap hari bertambah, dan pengayaan untuk pemustaka juga perlu didukung secara masif.

Jumlah pengunjung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Berau terus mengalami peningkatan pasca pandemi Covid-19. Jumlah bahan pustaka yang memadai, namun, ternyata pada saat penilaian panji masih dianggap kurang. Oleh karena itu perpustakaan bakal melengkapi koleksi buku yang kurang, dan membenahi fasilitas yang dirasa kurang.

“Tahun 2023 ini kita anggarkan Rp 975 juta untuk melengkapi koleksi-koleksi buku yang kurang,” ujar Sub Koordinator Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Perpustakaan, Arliana.

Saat ini bakal menambahkan buku koleksi anak, karena koleksi itu yang dianggap masih kurang pada saat ini. Selain buku koleksi anak, di perpustakaan juga sangat kurangnya buku konten lokal daerah.

“Sebenarnya kita ini di Berau banyak pengarang-pengarang soal konten lokal Berau, tetapi tidak ada yang dibukukan, oleh karena itu ke depannya ini kita bakal memfasilitasi untuk dibukukan,” tambahnya.

Saat ini konten lokal hanya ada 53 judul, sedangkan masih banyak lagi sejarah Berau yang belum dibukukan, oleh karena itu Dinas Perpustakaan bakal memfasilitasi untuk dibukukan dan menjadi koleksi baru. Jumlah kunjungan setelah pandemi terus mengalami peningkatan, dari data yang kami rekap, di tahun 2021 ada sebanyak 1.256 orang, sedangkan di 2022 mencapai 3.115 orang, meningkat dua kali lipat.

Saat ini, jumlah buku yang menjadi koleksi perpustakaan terdiri  buku umum atau remaja mencapai 43, 670 eksemplar. Sedangkan buku anak-anak hanya 6,109 eksemplar.

“Selain menambah fasilitas buku, perpustakaan juga saat ini membuat area ramah anak Dispusip agar ke depan tercapainya Kabupaten Layak Anak,” pungkasnya.(*)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.