ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Masyarakat Diimbau Waspadai Kebakaran di Musim Kemarau

June 25, 2023 by  
Filed under Kutai Timur

Share this news

SANGATTA – Jika mengacu pada prediksi musim kemarau yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, diperkirakan terjadi pada awal Juni hingga Agustus 2023 mendatang.

Terkait prediksi terjadinya musim kemarau tersebut, diimbau masyarakat tetap waspada. Sebab, Kabupaten Kutai Timur (Kutim) termasuk rawan terhadap terjadi bencana Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Joni

“Guna menghindari terjadinya kebakaran hutan dan lana itu, saya mengajak kepada masyarakat untuk tetap wadpada. Nah, saat ini sudha masuk bulan Juni, sehingga diperlukan semua lapisan masyarakat untuk waspda terjadinya kebakaran,” kata Ketua DPRD Kutim H Joni, Sabtu (24/6/2023).

Dia mengajak kepada seluruh stakeholder dan masyarakat agar selalu waspada bencana yang terjadi di musim kemarau. Terutama, kebakaran hutan dan lahan.

Dia mengatakan, musibah Karhutla rawan terjadi saat musim kemarau. Namun itu bisa diantisipasi asalkan seluruh elemen berniat menjaga dan menahan diri, agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Jika musim kemarau terjadi, kekeringan pasti juga ada di mana-mana. Lahan dan hutan sering terjadi kebakaran. Sehingga kehati-hatian harus selalu dilakukan sejak dini.

Agar musibah kebakaran tidak terjadi, diperlukan peningkatan kepedulian dan partisipasi masyarakat, dalam menjaga lahan dan pekarangan. “Jika akan membuka lahan untuk perkebunan, harus dijaga dengan baik. Jangan membakar sampah secara sembarangan atau rumput yang sudak kering, lantaran rawan terjadi kebakaran yang bisa merembet ke mana-mana,” ujar Joni.

Kepada Pemerintah, dalam hal ini Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD), untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar bisa meningkatkan kewaspadaan kebakaran hutan dan lahan tersebut. (adv)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.