ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Musholla Raudhatul Jannah Air Putih Samarinda Laksanakan Solat Id hingga Pemotongan Hewan Kurban

June 30, 2023 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

Share this news

SAMARINDA РPelaksanaan rangkaian Ibadah Idul Adha 1444 H / 2023 M di Musholla Raudhatul Jannah Kelurahan Air Putih kecamatan Samarinda Ulu melaksanakan solat  Iduladaha dan pemotongan hewan kurban dengan lancar.

“Warga disini cukup guyub, kami mulai menyiapkan tempat untuk sholat id memasang terpal, ambal, sejak malam. Jadi pagi-pagi habis subuh takbiran langsung pelaksanaan sholat id,” ucap Johan, Ketua RT. 30 Kelurahan Air Putih kecamatan Samarinda Ulu kota Samarinda.

Jamaah Musholla Raudhatul Jannah saat pelaksanaan sholat id idul Adha hingga meluber ke jalan, Kamis pagi, 29 Juni 2023 / 10 Dzulhijjah 1444 H. “Alhamdulillah jamaah membludak hingga ke jalan Raya. Sebagian jalan digunakan untuk menggelar karpet pelaksanaan sholat id, hanya sebagian yang digunakan untuk lalu lintas, untuk pengamanan dibantu DLLAJ Kota Samarinda,” jelas Johan.

Menurut Sandianur sholat id 1444 H dipimpin oleh Ustadz Fadliannor. “Imam sekaligus Khotib Sholat Idul Adha di pimpin ustadz Fadliannor. Kami laksanakan tepat pukul 07.00 wita,” jelas Sandianur aktivis remaja Musholla Raudhatul Jannah.

Pelaksanaan kurban untuk tahun 1444 H disampaikan Johan musholla mendapat kepercayaan melaksanakan pemotongan hewan kurban. “Kami di percaya melaksanakan Pemotongan Hewan kurban berupa sapi dua ekor, dan kambing 4 ekor,” jelas Johan.

Lebih lanjut Johan menjelaskan dua ekor sapi amanah Kurban dari H. Basyar, dan dari kelompok arisan 7 orang. “Kambing kurban dari Pak Tomo 1 ekor, dari Ayu Binti Gunawan 2 ekor, dan dari Bapak Mahdiani 1 ekor,” jelas Johan.

Pelaksanaan pemotongan hewan kurban dilaksanakan setelah pelaksanaan sholat id. “Sekitar pukul 08.30 kami mulai proses jagal, Alhamdulillah sebelum Dzuhur sudah selesai dan sudah dibagi ke warga yang menerima kupon pembagian daging kurban,” jelas Johan.

Sementara itu Syarifuddin Ketua RT. 31 Air Putih sebagai panitia menyampaikan tahun 2023 ini hanya membagi untuk warga di lingkungan RT 30 dan RT 31. “Jumlah kurbanya terbatas hanya 2 ekor kambing dan 4 kambing, karena jumlahnya terbatas sehingga tidak sampai dibagi ke warga yang berhak diluar dua RT tersebut.” Jelas Ucok panggilan akrab Syarifuddin.(mun)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.