ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pama Santuni Anak Yatim Dhuafa di Kecamatan Damai

June 16, 2022 by  
Filed under Serba-Serbi

Share this news

SENDAWAR –  Santunan rutin setiap tahun dilakukan PT Pamapersada Nusantara terhadap anak yatim dan kaum dhuafa di kampung binaan di Kecamatan Damai mengambil tema ”Indahnya Berbagi Kebahagiaan”.

Pelaksanaan santunan bertempat di Kantor Kecamatan Damai, Kabupaten Kutai Barat (Kubar) dengan menyantuni sebanyak 341 orang dari lima kampung, seperti kampung Damai Kota, Damai Sebrang, Mendika, Sempant Kelauq dan Jengan Danum, Selasa (14/6/2022).

Management PT. Pamapersada Nusantara CSR Dept Head Dominico Savio Sandi Sarkoro menyampaikan anak-anak yatim perlu diperhatikan masa depannya. Cita-cita dari anak anak ini nanti agar didukung oleh orang tua atau ibunya.

“Mau jadi apa anak anak ini nanti kedepannya diharapkan menjadi perhatian kita semua bagaimana bisa mewujudkannya,”tuturnya.

Ketika seseorang punya tujuan atau visi yang jelas, kemana arah tujuan dan agenda yang sudah direncanakan, dan dilaksanakan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan, sehingga tujuannya  pasti dan jelas.

“Ketika adik adik punya cita cita dan tujuan yang jelas, seperti ingin menjadi dokter, nah dari situ sudah dipersiapkan sekolahnya mulai dari SD, SMP, dan SMA,” katanya.

Lanjutnya,setelah memasuki jenjang SMA disitulah harus memilih jurusan. Jika mau menjadi dokter harus ambil jurusan IPA, karena hanya jurusan IPA yang bisa masuk di kedokteran.

“Adik-adik harus belajar dengan giat untuk mencapai tujuan menjadi dokter, berusaha untuk masuk di jurusan IPA biar tujuan dan cita citanya jadi jelas dan tercapai,”bebernya.

Masa pandemi covid 19 yang belum berakhir ini, yang tadinya anak-anak sekolah secara daring sekarang sudah mulai berangsur membaik dan sudah mulai belajar tatap muka. Semua merupakan ujian bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Kita bersyukur masih diberi kesehatan dan keselamatan, mari kita saling mendoakan semoga kedepannya lebih baik lagi dan kita bisa beraktivitas seperti biasa dan semakin lancar,”tuturnya.

Disampaikan, santunan ini nilainya tidak seberapa dan jangan melihat isinya, akan tetapi lihatlah kepedulian perusahaan dan jalinan silaturahmi terhadap warga sekitar serta berokah untuk semuanya.

Sementara itu Kasi Pendidikan dan Kesehatan Kantor Camat Damai Severa Ernesta mengatakan, kondisi pendidikan sekarang di masa pandemi covid 19 sudah mulai berangsur membaik dan sudah memasuki level satu patut disyukuri, karena Kubar saat ini sudah mulai melaksanakan pelajaran tatap muka.

Untuk Kecamatan Damai berdasarkan laporan dari sekolah sekolah sudah mencapai lima puluh persen yang sudah melaksanakan pembelajaran tatap muka, dan diharapkan tahun ajaran baru 2022 –  2023 nanti  sudah bisa seratus persen.

“Ini suatu hal yang menggembirakan bagi kita semua,”kata Severa Ernesta.

Ia mengatakan anak anak bisa mulai sekolah dengan  tatap muka, dan sebagai perwakilan untuk dunia pendidikan di Kecamatan Damai sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas dukungan dari PT. Pama selama ini seperti santunan terhadap anak yatim dan kaum dhuafa ini dan juga pembinaan dan pelatihan para guru yang diberikan oleh PT.Pama.

“Secara pribadi maupun instansi saya ucapkan banyak terima kasih atas kepedulian PT. Pama terhadap dunia pendidikan khususnya di Kecamatan Damai,”ujarnya.

Sementara itu salah satu perwakilan Kampung Mendika Bambang Sumarijono yang juga Sekdes Kampung Mendika menyampaikan terima kasih kepada PT. Pama, yang selama beberapa tahun sudah memberikan santunan kepada warganya terutama anak yatim dan kaum dhuafa.

Ini sangat membantu sekali kepada warganya di masa pandemi covid 19 seperti saat ini. Ia sangat bersyukur karena pandemi covid 19 sudah berangsur membaik, ia menyampaikan hanya bisa berdoa semoga PT.Pama tetap eksis kedepannya dan tetap bisa berbagi.

“Atas nama pribadi dan warga Kampung Mendika mengucapkan banyak terima kasih atas bantuannya. Kami hanya bisa membalas dengan doa, agar seluruh karyawan dan management PT. Pama selamat dan terus exis dalam bekerja,”ujarnya.

Camat Damai Iman Setiadi mengatakan kegiatan santunan ini bukan hal yang baru, dan patut disyukuri karena santunan ini sudah merupakan tradisi atau kewajiban tahunan dari pihak perusahaan khususnya Perusahaan PT. Pamapersada nusantara di wilayah kerjanya.

Kegiatan ini merupakan pengamalan dari nilai nilai pancasila, yaitu sila pertama ketuhanan yang maha esa, dan sila kelima keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dimana sila satu mengandung maksud bahwa bangsa indonesia adalah bangsa yang religius, yaitu bangsa yang beriman, bertaqwa kepada tuhan yang maha esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing –masing.

Dikatakan, kewajiban menyantuni anak yatim piatu dan kaum dhuafa itu merupakan kewajiban semua umat beragama, dan pengamalan dari nilai agama itu sendiri, sedangkan sila kelima mengandung pengertian dan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia, yang artinya dalam lingkup kecil khususnya pada momen ini adalah anak yatim piatu dan kaum dhuafa mendapatkan keadilan sosial yang sama.

“Terima kasih dan apresiasi yang tingi atas bantuan yang diberi kebahagiaan kepada anak yatim piatu dan kaum dhuafa yang ada di lima kampung di wilayah kecamatan damai,”ungkapnya.

Tentunya ini kepedulian dari pihak perusahaan PT. Pamapersada Nusantara melalui kegiatan CSR nya, baik itu melalui santunan maupun di sektor pendidikan, pihak perusahan sudah sangat berkontribusi nyata memajukan pendidikan di wilayah Kecamatan Damai, yang pastinya perusahaan bukan hanya menambang akan tetapi selalu berbagi dan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat disekitarnya.

“Doa dan dukungan kami sampaikan bagi pihak perusahaan dan rekan rekan karyawan tambang dalam bekerja semoga selalu dalam lindungan tuhan yang maha kuasa, suasana kerja tetap kondusif dan operasional perusahaan berjalan lancar,”tutupnya. (arf).


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.