ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pamsimas Sudah Masuk ke Seluruh Kutim

June 15, 2023 by  
Filed under Kutai Timur

Share this news

SANGATTA– Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) saat ini sudah masuk di seluruh wilayah Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Program andalan nasional ini bertujuan untuk meningkatkan akses penduduk pedesaan terhadap fasilitas air minum dan sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat.

“Saya cermati di APBD kita program itu sudah termuat untuk seluruh kecamatan yang ada. Sehingga diharapkan seluruh masyarakat nantinya bisa menikmati air bersih di seluruh Kutim,” kata anggota Komisi D DPRD Kutim Bidang Kesejahteraan Rakyat Agusriansyah Ridwan.

Adapun program Pamsimas yang dimaksud politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, yakni pembangunan jalur pipa yang akan digunakan untuk mengalirkan air ke setiap rumah penduduk.  Di antaranya di daerah Pengadan, Kecamatan Karangan, yang menurutnya daerah tersebut memiliki sumber mata airnya cukup  baik. Sehingga tidak perlu ada perlakukan khusus dan bisa langsung dimanfaatkan oleh masyarakat.

Agusriansyah Ridan

“Mudah-mudahan daerah Pengadan bisa masuk tahun ini pembangunan Pamsimas. Jika terwujud, warga di sana tidak lagi kesulitan untuk memperoleh kebutuhan air bersih yan sangat diperlukan setiap harinya,” ujarnya.

Yang menjadi persoalan adalah, di sejumlah daerah masih kesulitan menacri sumber air. Sehingga pemerintah belum mampu memenuhi kebutuhan secara maksimal untuk masyarakat.

Terkait masalah ini, dia meminta agar pemerintah daerah melalui dinas teknisnya segera bergerak untuk mencari sumber-sumber mata air baru. Sehingga kebutuhan air bersih yang menjadi salah satu kebutuhan dasar masyarakat ini segera teratasi. Sebab, menjadi salah satu layanan prioritas pemerintah saat ini.

“Kalau masalah sarana pendukung misalnya jaringan pipa lewat program Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) bisa terus digalakkan sampai sekarang. Termasuk PDAM kita mencari sumber air yang bisa didistribusikan kepada masyarakat,” ujar Agus. (adv)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.