ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pariwisata Berdampak terhadap Pertumbuhan Ekonomi

June 22, 2023 by  
Filed under Kutai Timur

Share this news

SANGATTA– Potensi kepariwisataan diperkirakan mampu  menjadi salah satu sektor yang bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan perekonomian. Termasuk berkontribusi pembangunan infrastruktur lokal.

Guna meningkatkan sektor kepariwisataan yang lebih baik, diharapkan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) menggelontorkan anggaran yang besar. Salah satunya infrastruktur jalan menuju ke lokasi wisata.

“Kutim ini Kabupaten yang seksi. Sebab, saat ini anggaran kita memadai untuk peningkatan pembangunan sektor pariwisata. Selagi ada anggaran yang cukup, kita minta Pemkab Kutim  maksimalkan seluruh program pembangunan yang ada, termasuk di bidang pariwisata,” ujar anggota DPRD Kutim Yuli Sa’pang, Kamis (22/6/2023).

anggota DPRD Kutim Yuli Sa’pan

Dikatakan, potensi pariwisata di Kutim yang cukup bagus, sudah selayaknya menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) di masa mendatang. Guna mengarah ke sana, diperlukan keseriusan Pemkab Kutim dalam menangani sektor yang satu ini.

“Kita harapkan sektor pariwisata mulai digarap dengan baik. Sebab, Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Kutim, belum tentu dipunyai daerah lain di Indonesia,” ujarnya.

Bahkan terkait panorama alamnya dinilai cukup bagus. Salah satunya kawasan hutan dan pantai di bawah laut yang masih cukup bagus. Jika dikelola dengan baik, menurutnya, justru bisa mendatangkan wisatawan yang mampu memberikan pundi-pundi bagi daerah.

Namun, potensi pariwisata yang sangat luar biasa tersebut, belum sepenuhnya dimanfaatkan oleh Pemkab Kutim sebagai salah satu aset yang bisa menjadi sumber pendapatan untuk membantu program pembangunan wilayahnya.

Menurutnya, seharusnya mulai sekarang sudah menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu bagian penting dari pembangunan. Sebab, selain bisa menopang peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), sektor pariwisata juga bisa menjadi pemicu pertumbuhan ekonomi daerah.

“Sebagai leading sektor kepariwisataan, saya berharap Dinas Pariwisata (Dispar) juga bisa disupport dengan anggaran yang memadai. Hal ini sangat penting, agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tersebut dapat berkonsentrasi terhadap program pengembangan yang sudah mereka miliki,” ujar. (adv)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.