ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pemerintah Diminta Peringatkan, Terkait Bahaya Kebakaran Lahan dan Hutan

June 21, 2023 by  
Filed under Kutai Timur

Share this news

SANGATTA – Meski musim di Kaltim dan Kutim tidak bisa diprediksi, namun saat tiba musim kemarau pasti terjadi. Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kebakaran hutan dan lahan, masyarakat diingatkan sejak dini, untuk melakukan pencegahannya.

“Pemerintah sudah selayaknya memberikan peringatan sejak dini terkait prediksi jika terjadi musim kemarau. Jangan sampai peristiwa musibah dan memakan korban, baru ada peringatan,” kata anggota DPRD Kutim Faizal Rachman.

Faizal Rachman

Ia mengajak kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada jika terjadi musim kemarau. Sejak dini sudah selayaknya meningkatkan kesadaran bersama, melakukan antisipasi. Salah satunya menjaga kebersihan lingkungan, baik di lingkungan tempat tinggal maupun lahan yang dimiliki.

“Pembakaran sampah dan pembakaran lahan yang tidak dikontrol dan dijaga dengan baik, bisa meningkatkan risiko kebakaran hutan. Bahkan asapnya bisa berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat secara luas,” ujar politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan ini, Rabu (21/6/2023).

Untuk itu, Faizal meminta kepada seluruh masyarakat meningkatkan kesadaran akan perubahan iklim dan pentingnya mengurangi emisi gas rumah kaca. Ia berkomitmen untuk terus memperjuangkan kebijakan yang mendukung pengurangan emisi dan upaya mitigasi perubahan iklim.

“Kita berharap masyarakat terlibat aktif terkait hal ini. Sebab, tanpa keterlibatan masyarakat, jika musim kemarau tiba, sebagian masyarakat justru memanfaatkannya untuk membakar lahan mereka,” katanya.

Dikatakan , jika melihat prediksi dari BMKG terkiat predikisi akan terjadi musim kemarau ekstrim, perlu dilakukan berbagai langkah-langkah sejak dini. Sebab, di berbagai belahan dunia diprediksi akan terjadi cuaca ekstrem.

“Jika terjadi musim kemarau di daerah ini, kita perlu mengambil langkah-langkah proaktif untuk melindungi lingkungan dan masyarakat,” tambahnya.

Terutama bagaimana menjaga supaya hal-hal yang bisa menimbulkan kebakaran bisa dihindari. Sebab, diperkirakan suhu juga akan mulai meningkat. Apa lagi kalau tiba-tiba muncul suhu panas. Semuanya harus ekstra hati-hati. (adv)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.