ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pendapatan Pemkot Batu Tahun 2022  Capai Rp1 Triliun Lebih

June 21, 2023 by  
Filed under Serba-Serbi

Share this news

PJ.Walikota Batu menyerahkan dokumen Raperda tentang Keuangan kepada Ketua DPRD Batu

BATU– Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai mengungkap pendapatan Pemkot Batu tahun 2022 sebesar Rp1,004 Triliun. Hal itu disampaikan Aries di Sidang Paripurna DPRD Batu dalam agenda Penyampaian Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2022 di Gedung DPRD Kota Batu, Senin ( 19/6/2023 ).

Aries menyebutkan sisi pendapatan meningkat sebesar 5,06% dibanding target sebesar Rp 955,7 Miliar. Di sisi Belanja Daerah, dari target 1,194 Triliun terealisasi sebesar Rp 991,8 MIliar atau 83,03%.

“Sementara itu, SILPA per 31 Desember 2022 sebesar 253,2 MIliar atau naik sebesar 4,11 % dibandingkan SILPA Tahun 2021,” ungkap Aries.

PJ.Walikota mengharapkan adanya pencermatan dari legiaslatif, laporan yang disampaikannya bertujuan adanya perbaikan laporan keuangan daerah sehingga lebih transparan dan akuntabel. Oleh karena itu perlunya saran dan masukan yang konstruktif dari legislatif.

“Kami menyadari bahwa masih terdapat banyak hal yang perlu diperbaiki dalam upaya untuk menyempurnakan pengelolaan keuangan daerah, agar lebih transparan dan akuntabel. Oleh karenanya, perlu dilakukan pencermatan terhadap Raperda Pertangungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batu Anggaran 2022 melalui saran dan masukan yang konstruktif dari Pimpinan dan seluruh Anggota DPRD,” pinta Aries.

Aries juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran eksekutif dan legislatif, atas pencapaian 8 kali berturut-turut meraih opini WTP (wajar tanpa pengecualian) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI sejak Tahun 2015.

Aries berharap dengan Opini WTP yang ke- 8 kali ini, jajaran eksekutif dan legislatif, akan terus bekerja sama dan berupaya memperbaiki dan meningkatkan pengelolaan keuangan daerah dan pelayanan ke masyarakat yang lebih baik. Tidak hanya itu, opini WTP ini juga bertujuan meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah sekaligus meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah Kota Batu.

“Opini WTP ke depan dapat terus kita pertahankan, dalam rangka meningkatkan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah sekaligus meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Kota Batu,” papar Aries.

Ditekankan, meski sudah 8 kali meraih WTP, namun masih banyak catatan BPK yang harus segera ditindaklanjuti, yaitu pertama pengelolaan pajak hotel, restoran, reklame, hiburan dan PBB yang belum tertib, kedua, pengelolaan retribusi persetujuan bangunan dan gedung, retribusi pelayanan persampahan yang belum dilaksanakan dengan tertib, ketiga, kelebihan pembayaran atas pelaksanaan pembangunan fisik dan keempat, pengelolaan dan penatausahaan aset tetap yang masih perlu perbaikan.

“Saya yakin dan percaya dengan komitmen yang kuat dan kerja keras, kita semua, baik eksekutif maupun legislatif termasuk dukungan dari jajaran Forpimda Kota Batu serta pihak lain yang terkait, kita akan mampu menyelesaikan permasalahan tersebut,” pungkasnya.

Hadir dalam sidang paripurna, Wakil Ketua DPRD Nurrochman, Perwakilan Forkopimda, Anggota DPRD, Sekretaris Daerah, dan Kepala OPD Kota Batu. (Buang Supeno)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.