ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pj Wali Kota Batu Keliling Pastikan Hewan Kurban  Sehat

June 28, 2023 by  
Filed under Serba-Serbi

Share this news

BATU – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H, Pj. Wali Kota Batu berkeliling memantau hewan kurban yang ada dibeberapa lokasi baik masjid maupun pasar hewan kurban yang ada di tepi jalan, Rabu (28/6/2023).

Langkah ini dilakukan untuk memastikan hewan yang akan dikurban dalam keadaan sehat dan tidak mengandung penyakit berbahaya yang jika dikonsumsi akan menimbulkan penyakit.

“Saya mendapatkan informasi ada 100 lokasi pemotongan hewan yang tersebar diseluruh kecamatan di Kota Batu dan kami akan memastikan hewan yang beredar baik sapi maupun kambing dalam keadaan sehat,” kata Aries.

Aries mengapresiasi  langkah Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan selama 5 hari sejak sejak 19 Juni 2023 melakukan pemeriksaan  hewan kurban di 8 titik lokasi penjualan.

“Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan telah melakukan langkah cepat dengan memeriksa baik ante mortem maupun post mortem kemudian hewan yang sudah lolos dan bisa dijual ditandai dengan name tag pada kambing atau ear tag pada sapi,” tambah Aries.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batu  menerjunkan 141  personel pemantau di 8 titik lokasi penjualan dengan rincian 5 di Kecamatan Batu, 2 di Kecamatan Junrejo,  dan 1 di Kecamatan Bumiaji. Dan lokasi pemotongan hewan terdata 100 lokasi.

Pemeriksaan hewan kurban tersebut telah dimulai sejak tanggal 19 hingga 24 Juni 2023 didapatkan hasil penandaan name tag dan eartag pada hewan yang sehat, sedangkan hewat yang menderita penyakit diwajibkan untuk keluar kandang dan diisolasi. Sedangkan tanggal 27 Juni hingga 2 Juli 2023 DistanKP akan melaksanakan pemeriksaan ante mortem dan post mortem. (Buang supeno)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.