ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Siang Geah : Bermimpi Hutan Wehea – Kelay, Jadi Kampus Peradaban

June 23, 2023 by  
Filed under Kutai Timur

Share this news

SANGATTA– Bentang alam hutan Wehea – hutan Kelay yang cukup asri, diharapkan menjadi salah satu role model kawasan esensial ekosistem di Indonesia. Bahkan kawasan itu juga memperoleh perhatian berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat maupun daerah.

“Ini menjadi mimpi besar kami sebagai warga Kutim, agar kawasan tersebut menjadi kampus peradaban. Khususnya bagi kalangan anak muda untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia. Sebab, di kawasan hutan tersebut mengandung banyak spesies yang masih belum terungkap,” ujar anggota DPRD Kutim Siang Geah, Jumat (23/6/2023).

Bahkan dengan terpilihnya Provinsi  Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai lokasi pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), menurutnya, menjadi kesempatan yang baik untuk menjadikan Bentang alam Wehea- Kelay menjadi salah satu kawasan percontohan. Terutama  terkait bagaimana pengelolaan dan pelestarian hutan secara alami, namun tetap memberikan manfaat kepada masyarakat sekitarnya.

Siang Geah

“Kalau ada yang berbicara tentang hutan, sudah pasti menunjuk kawasan esensial bentang alam Wehea – Kelay. Ini yang akan kita tunjukkan kepada dunia, bahwa di Kutim masih memiliki sebuah hutan yang asri dan terjaga dengan baik oleh masyarakat adat setempat,” imbuhnya.

Untuk tetap menjaga agar kawasan tersebut tidak dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, anggota komisi A DPRD Kutim Bidang Pemerintahan ini, mengaku pihaknya melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak. Termasuk perusahaan yang ada di sekitar kawasan yang diperkiraan memiliki luas sekitar 1.800 ribu hektare.

“Misalnya perusahaan perkebunan harus memiliki kawasan konservasi dan kami kerjasama. Salah satunya melalukan  patroli setiap saat. Jika perusahaan yang menjaga sendiri pasti dirambah masyarakat. Namun kalau penjaganya masyarakat sekitar, tentunya nggak bakal berani. Sehingga kawasan tersebut tetap aman,” bebernya. (adv)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.