ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

SiLPA Tunjukkan Ketidakefisienan dalam Perencanaan

June 25, 2023 by  
Filed under Kutai Timur

Share this news

SANGATTA – Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) tahun 2022, menjadi sorotan berbagai pihak. Salah satunya anggota DPRD Kutim Faizal Rachman.

“SiLPA yang signifikan menunjukkan ketidakefisienan dalam perencanaan dan penggunaan anggaran daerah. Kami akan mengidentifikasi penyebab besarnya SiLPA dan mengambil langkah-langkah perbaikan yang diperlukan di masa mendatang,” ujar Faizal.

Dia juga kembali menyoroti terkait serapan tahun anggaran 2023 ini juga masih lamban. Sebab, sampa bulan Juni saja belum mencapai 40 persen. Dia tak ingin, tahun ini kembali terjadi SiLPA seperti tahun lalu, akibat serapan anggaran yang tidak maksimal.

“Kami berkomitmen untuk terus melakukan pengawasan dan pengawalan terhadap pelaksanaan anggaran. Hal ini demi tercapainya masukan konstruktif demi kebaikan Kutai Timur di masa mendatang,” ujar Faizal.

Faizal Rachman

Hal yang sama pernah disampaikan saat menyampaikan pemandangan umum fraksi terkait Raperda Pertanggungjawaban Pelaksaaan APBD tahun 2022 lalu. Guna mempercepat serapan anggaran, diharapkan program yang prioritas secepatnya dilaksanakan.

“Termasuk proyek-proyek fisik seperti pembangunan infrastruktur. Demikian juga pengadaan barang juga segera dilaksanakan. Jika program terlaksana, tentunya akan da serapan anggaran yang sesuai,” kata Faizal.

Pihaknya berharap, kritik dan saran dari rekan-rekan anggota dewan bisa menjadi masukan yang bermanfaat bagi Pemkab Kutim, terutama dalam menyusun kebijakan dan perbaikan pelaksanaan anggaran daerah.

“Kami berkomitmen untuk terus melakukan pengawasan dan pengawalan terhadap pelaksanaan anggaran demi tercapainya pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan di Kutai Timur,” kata Faizal.

Menurutnya, terjadinya SiLPA yang cukup signifikan tahun lalu, mendadakan ketidakseimbangan antara pendapatan dan belanja daerah. Untuk itu, Pemkab Kutim diminta untuk berhati-hati dan terus melakukan pengawasan internal dengan baik.

“Kami berharap agar Pemkab Kutim bersama dengan DPRD nantinya, dapat berkordinasi dengan baik. Sehingga tujuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai yang lebih optimal,” tutur Faizal. (adv)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.