ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Arfan : Pembangunan Harus Selesai Tepat Waktu

July 3, 2023 by  
Filed under Kutai Timur

Share this news

SANGATTA – Memasuki sementer kedua tahun 2023 ini, diharapkan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) untuk bekerja ekstra dalam menjalankan program pembangunan. Sehingga penyerapan anggaran bisa lebih maksimal lagi.

“Pembangunan harus selesai tepat waktu dan tidak boleh ditunda. Kalau ada penundaan akan berpotensi menjadi SiLPA lagi seperti tahun lalu,” ujar Wakil Ketua DPRD Kutim H Arfan, Senin (3/7/2023).

Menurut politisi Partai Nasional Demkrat (Nasdem) ini, kenapa harus kerja keras dalam melaksanakan program pembangunan? Sebab, saat ini sudah memasuki triwulan kedua, namun progres penyerapan anggaran di hampir semua OPD masih belum maksimal. Terlebih bagi Dinas Perkim dan Dinas PU, harus lebih kerja ekstra dalam menjalankan program, agar serapan anggaran bisa lebih maksimal.

Arfan

“Dikatakan, pemerintah harus dapat bekerja ekstra dan cepat selama 24 jam. Sebab, realisasi anggaran di Kutim masih sangat rendah, sehingga diperlukan ekstra dalam menjalankan program kerja tersebut,” pintanya.

Terutama Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kutim serta Dinas Permukiman (Perkim), sambungnya, harus terus digenjot habis-habisan. Sebab, program pembangunan berisiko menumpuk pada akhir tahun 2023, seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Selain itu, percepatan pelaksanaan pembangunan juga diperlukan, guna menghindari Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA). Terebih dia memprediksi, APBD Perubahan Kutim 2023 akan mengalami peningkatan yang signifikan.

“Jadi untuk tahun ini diharapkan tidak ada lagi SiLPA seperti tahun lalu. Jika terulang lagi, itu akan menjadi beban bagi kita semua,” ujar politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) ini.

Oleh karena itu, Ketua DPC Partai Nasdem Kutim ini meminta Dinas PUPR dan Perkim untuk mengejar target sebelum batas waktu yang ditentukan, terutama menjelang akhir tahun. (adv)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.