ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Bapemperda DPRD Kutim Tangani 28 Raperda

July 9, 2023 by  
Filed under Kutai Timur

Share this news

SANGATTA– Sebanyak 28 Raperda, saat ini tengah menangani dan dimatangkan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kutim. Jumlah tersebut terdiri, dari usulan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim)  maupun inisiatif dari DPRD.

Menurut anggota DPRD Kutim sekaligus ketua Bapemperda Agusriansyah Ridwan, pembahasan Raperda itu akan terus dilaksanakan,  namun tetap mengedepankan kebersamaan,   baik dewan sendiri maupun pemerintah.

Agusriansyah Ridwan

“Sebanyak 19 Raperda merupakan usulan yang sampaikan oleh pemerintah, sedangkan 9 Raperda merupakan inisatif yang diajukan DPRD sendiri. Dari jumlah tersebut,  alhamdulillah, sudah ada beberapa  yang sudah disahkan menjadi Perda,” ujarnya.

Masih kata Agusriansyah, meskipun masih ada beberapa Raperda yang belum ditindak lanjuti dan menunggu proses pembahasan oleh Bapemperda, namun, beberapa Raperda khusunya usulan yang disampaikan oleh pemerintah sudah ada sebagian yang disahkan dan disetujui bersama antara DPRD dan pemerintah.

“Di antaranya, terkait soal susunan perangkat dan organisasi pemerintah daerah dengan adanya perubahan nomenklatur,” ucap politisi Partai Keadikan Sejahtera (PKS) ini.

Selain itu, Ranperda tentang pedoman tata kearsipan di lingkungan pemerintah daerah juga telah disahkan menjadi Perda.  Sebab, arsip daerah akan dibuat secara sentralistik, yang mana akan memuat data berbentuk hard copy maupun soft copy.

Kemudian ada Raperda penyertaan modal sebesar Rp 35 milyar terhadap Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kutim, belum lama ini juga sudah disahkan dan disetujui oleh DPRD dan Pemkab Kutim menjadi Perda.

“Untuk Raperda yang berasal dari inisiatif DPRD, saat ini masih dalam proses pembahasan dan tahap finalisasi. Salah satunya tentang perlindungan perempuan, yang akan kita kejar untuk segera bisa disahkan bersama antara Pemkab Kutim dan DPRD,” ujar Agusriansyah. (adv)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.