ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

DPK Kaltim Gelar Workshop Pegiat Literasi Kaltim

July 13, 2023 by  
Filed under Kalimantan Timur

Share this news

SAMARINDA- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim menggelar Workshop Pegiat Literasi Kalimantan Timur Tahun 2023, di Hotel Blue Sky Balikpapan, Rabu (12/07/2023).

Workshop ini dilaksanakan Bidang P3KM DPK Kaltim, agenda dihadiri oleh para pegiat literasi di Benua Etam yang terdiri dari DPK Kabupaten dan Kota, pustakawan, Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB), hingga penulis.

“Untuk menciptakan masyarakat yang memiliki tingkat literasi yang tinggi diperlukan proses pembudayaan kegemaran membaca, salah satunya melalui Workshop ini,” ungkap kepala DPK Kaltim, Muhammad Syafranuddin.

Agenda yang mengusung tema “Gerakan Kolaborasi dan Sinergi untuk Penguatan Literasi Masyarakat di Kalimantan Timur” tersebut menghadirkan pembicara Dr. Sudarman, S.Pd,M.Pd selaku akademisi dan pegiat literasi, Wiwik Setiawati, M.Pd selaku Kepala Balai Guru Penggerak Kaltim, Rudini,S.Sos,M.Sos selaku Duta Baca Kaltim, dan Putri Wardhani, A.Md selaku pegiat literasi.

Syafranuddin mengaku bahagia dengan berlangsungnya lokakarya yang menjadi wadah diskusi untuk peningkatan literasi dan pengembangan minat baca di Kalimantan Timur.

“Kita bertemu dan berdiskusi membahas fenomena literasi dan upaya pengembangannya saat ini untuk mencapai tujuan pencerdasan bersama,” ujar Syafranuddin.

Dikatakan, literasi tidak hanya perihal membaca dan menulis, tetapi literasi juga merupakan kemampuan seseorang dalam memahami hingga mengolah suatu informasi pada saat melakukan kegiatan membaca dan menulis.

“Pembudayaan kegemaran membaca merupakan syarat menuju masyarakat yang literat,” tambahnya

Ia berharap melalui budaya literasi, masyarakat dapat lebih memahami suatu informasi hingga membentuk pola pikir kritis

“Literasi menjadi suatu sarana dalam memahami, mengenal, hingga menerapkan, literasi menjadi Faktor Utama dalam meningkatkan kualitas dan kapabilitas seseorang,” kata Syafranuddin. (ain)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.