ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Faizal : Kutim Perlu Lahan untuk Bangun Padepokan Pencak Silat

July 8, 2023 by  
Filed under Kutai Timur

Share this news

SANGATTA –  Guna memaksimalkan dalam latihan dan mencetak atlet yang handal,  Kutai Timur (Kutim)  memerlukan lahan untuk membangun padepokan pencak silat.  Sehingga atlet-atlet bisa lebih maksimal dalam melakukan latih tanding dan mencetak prestasi lebih baik lagi.

Hal itu disampaikan anggota DPRD Kutim Faizal Rachman, yang juga menjabat Ketua Ikatan Pemcak Silat Imdonesia (IPSI) Kutim.  Dia berharap, tahun ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur dapat menganggarkan terkait pengadaan lahan tersebut untuk pembangunan padepokan pencak silat.

Menurutnya,  pencak silat, salah satu cabang olahraga di Indonesia dan sudah ada di Kutim.  Namun sampai sekarang di Kutim belum memiliki padepokan khusus pencak silat. Seperti di kabupaten lainnya di  Kalimantan Timur misalnya Kutai Kartanegara telah memiliki padepokan khusus pencak silat.

“Mudah-mudahan, paling tidak sebelum ke yang lain-lainnya kita punya tanah dulu untuk dijadikan padepokan.  Lalu padepokan pencak silat itu untuk nanti proses sarpras perbaikan kualitas atlet kita,” ungkap politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu, Sabtu (8/7/2023).

Lebih lanjut, Faizal mengatakan,  padepokan yang dimaksud, bisa digunakan untuk pembinaan atlet pencak silat di Kutai Timur. Sehingga dari 15 perguruan yang tergabung dalam IPSI Kutim bisa secara bergantian memanfaatkan padepokan itu untuk latihan.

Atau bisa juga padepokan tersebut nantinya digunakan untuk even pertandingan persahabatan antar perguruan dan bisa dilakukan secara periodik. Sebab, pembinaan atlet tidak hanya berupa teori saja, namun perlu dibiasakan mengikuti pertandingan di dalam arena.

“Padepokan tadi bisa digunakan untuk sarana berlatih tanding. Jika tidak ada event, ya dibuat tanding persahabatan antar perguruan,” imbuhnya.

Oleh sebab itu, ia berharap perencanaan pengadaan lahan dapat dilakukan di tahun 2023 ini dan di tahun 2024 nanti Kutai Timur bisa punya lahan untuk membangun padepokan pencak silat. (adv)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.