ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Joni Salurkan Pupuk Lewat Dana Pokir, Jalin Kerjasama Dinas Teknis

July 2, 2023 by  
Filed under Kutai Timur

Share this news

SANGATTA– Pertanian diharapkan menjadi salah satu bidang yang diharapkan akan menjadi penopang perekonomian yang ada di Kabupaten Kutim. Guna mewujudkan hal tersebut, diperlukan   sinergi semua pihak, agar cita-cita menjadi salah satu daerah penghasil produk pertanian unggul di Kaltimm bisa segera tercapai.

Hal tersebut, juga ditunjukan Ketua DPRD Kutim H Joni yang terjun menemui dan mendengar secara langsung terkait permasalahan yang dihadapi para petani. Ketika melakukan kunjunga di sejumlah daerah beberapa waktu lalu, dirinya memperoleh keluhan masyarakat, terkait kelangkaan pupuk dirasakan para petani di hampir semua kecamatan yang dikunjunginya.

“Berangkat dari kesulitan para petani soal susahnya mendapatkan pupuk, khusunya subsidi. Melihat hal itu, saya menyalurkan pupuk melalui dana pokok pikiran (pokir) kepada petani lewat Kelompok Tani (Poktan). Tentunya bekerjasama dengan Dinas terkait (Dinas Tanaman Pangan, Holtikulturan dan Peternakan),” ujarnya.

Bertempat di rumah salah satu ketua Poktan di Kecamatan Teluk Pandan, sebanyak 4 ton pupuk disalurkan oleh politisi senior Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Kemudian didistribusikan  kepada dua Poktan yang ada di Kecamatan terdepan di Kutim ini.

“Poktan Padaidi 1 dan 3 masing-masing mendapatkan 2 ton. Kebetulan ada informasi dari ketua Poktan Agustus ini (2023) sudah memasuki musim tanam, jadi waktunya sudah pas,” ujarnya.

Dirinya berharap dengan adanya bantuan pupuk jenis NPK ini mampu membantu para petani meningkatkan hasil produksi pertaniannya. Sehingga mampu meningkatkan taraf perekonomian para petani.

“Jadi modal yang biasanya buat beli pupuk, bisa dialihkan untuk yang lain. Misalnya biaya anak masuk sekolah atau keperluan yang lainya,” ucap Joni.

Sebelumnya ketua Poktan Padaidi 3 Syahrani mengaku bersyukur adanya bantuan pupuk aspirasi dari Ketua DPRD  Kutim H Joni. Menurutnya bantuan pupu ini sudah sangat dinantikan oleh para petani, khususnya yang ada di Kecamatan Teluk Pandan.

“Mudahan adanya pupuk ini membantu menyuburkan hasil tanaman dan bisa menghasilkan panen yang melimpah. Kami mewakili anggota Poktan mengucapkan terima kasih kepada pak Joni,” ucapnya sembari tersenyum. (adv)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.