ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Masyarakat Desa Masih Tertinggal Memperoleh Informasi

July 12, 2023 by  
Filed under Kutai Timur

Share this news

SANGATTA – Teknologi informasi merubah banyak aspek sisi kehidupan manusia. Bukan hanya warga yang tinggal kawasan perkotaan semata, namun masyarakat pedesaan juga memilikihak yang sama untuk memperoleh hak nformasi tersebut.

“Namun yang terjadi sekarang ini adalah, masyarakat di desa dan pedalaman atau pesisir Kutim, kebanyakan tertinggal memperoleh informasi. Hal ini disebabkan, akses internet di desa masih mengalami  kedulitan,” ujar anggota DPRD Kutim Tyty Paembonan, Rabu (12/7/2023).

dr Novel Tyty Paembonan

Tak heran, menurutnya banyak masyarakat di desa sebagian mengalami ketertinggalan dibandingkan orang yang hidup di perkotaan. Salah satunya, ialah kemudahan untuk mengakses informasi sangat tersebatas.

Guna mengatasi hal itu Novel meminta agar Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) segera mengupayakan bagi seluruh desa yang ada di 18 Kecamatan bisa menikmati jaringan internet.

Pasalnya internet saat ini menjadi kebutuhan semua lapisan masyarakat, bahkan internet juga mempermudah dalam kehidupan masyarakat saat ini. “Kebutuhan itu (internet) menjadi penting, termasuk warga kita yang ada di desa yang belum memiliki jaringan internet. Pasti sangat membantu,” beber politisi Partai Gerindra ini.

Anggota Komisi A DPRD Kutim ini menyebut, internet desa bisa menjadi salah satu solusi yang digunakan untuk cara menghubungkan masyarakat dengan dunia. Kemudian juga bisa menjadi salah satu media untuk mendapatkan informasi.

“Apalagi kita akan segera menghadapi masa Pemilu, ini menjadi salah satu bagian penting untuk menunjang kinerja pemerintah, salah satunya untuk perekaman E-KTP,” paparnya.

Dengan adanya internet di setiap Desa, secara tidak langsung akan mempermudah pemerintah untuk menyebarkan informasi kepada seluruh warga Desa. Seperti berita penting, pengmuman warga, peringatan dini kebencanaan, regulasi baru dan lain sebagainya. (adv)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.