ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pelaku Pariwisata Perlu Dibekali Keterampilan, untuk Tingkatkan Kualitas SDM

July 5, 2023 by  
Filed under Kutai Timur

Share this news

SANGATTA- Pelaku pariwisata di daerah ini perlu dibekali berbagai keterampilan, guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Sehingga ketika kunjungan wisatawan meningkat, bisa memberikan pelayanan jasa dengan modal ketermapilan yang dimiliki.

Menurut Wakil Ketua 1 DPRD Kutim Asti Mazar, pelatihan keterampilan memang sangat diperlukan. Jika mau maju, setiap pelaku usaha terutama di sektor pariwisata harus memiliki keterampilan yang memadai.

Dia juga mendukung ketika Dinas Pariwisata Kutim menggelar pelatihan make up, hairdo dan hijabdo serta pelatihan fashion design dan design busana batik. “Hal seperti itu harus didukung,” ujar politisi Partai Golkar ini, Rabu (5/7/2023).

Asti Mazar

Kegiatan itu bertujuan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah ini, khsusnya di sektor pariwisata. Sehingga ke depan para pelaku pariwisata memiliki ketermpilan yang memadai.

“Perlatihan seperti ini perlu terus dilakukan di tahun-tahun mendatang. Sebab, dengan memiliki keterampilan seperti itu, tentunya masyarakat tidak lagi mengeluarkan dana yang besar untuk kepentingan tertentu,” kata Asti Mazar.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kutim Nurullah dalam kesempatan itu mengatakan, pelatihan ini akan menjadi kegiatan yang berlanjut setiap tahun. Sebagai upaya meningkatkan SDM pelaku pariwisata di Kabupaten Kutim.

“Pelatihan ini, juga merupakan kebutuhan masyarakat dalam rangka peningkatan SDM. Dengan ada pelatihan ini, kita bisa membekali pelaku-pelaku pariwisata, untuk bisa membekali diri dalam hal make up,” tutur Nurullah, ditemui awak media disela-sela kegiatan itu.

Disamping pelatihan make up, juga ada pelatihan design fashion dan design busana batik. Dia berharap melalui pelatihan-pelatihan seperti ini, pelaku pariwisata di Kutim bisa memiliki keterampilan dalam mendesain busana yang baik. Diharapkan nanti bisa meningkatkan pendapatan keluarga. (adv)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.