ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

PKK Gelar Pesantren Ramadhan Remaja

July 21, 2013 by  
Filed under Religi, Sosial & Budaya

Share this news

SAMARINDA – vivaborneo.com, Dalam rangkaian memeriahkan bulan suci Ramadan, sekaligus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para remaja usia sekolah maka Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan  dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kaltim menyelenggarakan Pesantren Ramadhan 1432 H.

“Generasi muda perlu dibekali berbagai pengetahuan yang luas agar mampu terhindarkan dari hal-hal yang negatif. Maka, melalui pesantren ini diberikan berbagai wawasan tentang Islam dan keterampilan hidup,” kata Ketua TP PKK Kaltim Hj Ence Amelia Suharni Faroek saat membuka Pesantren Ramadhan Remaja 1432 Hijriah di Aula TP PKK Kaltim, Jumat (19/7).

Menurut dia, kegiatan pesantren Ramadhan ini merupakan kegiatan rutin organisasi khususnya program kerja Pokja I pada bulan suci umat Islam ini. Karena bermanfaat untuk menunjang bagi upaya penyiapan generasi muda kearah yang lebih baik.

Sebab, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknoligi informasi dapat berpengaruh pada prilaku, pola piker dan kehidupan masyarakat khususnya generasi  muda yang dapat tenggelam dalam kehidupan serba hedonis atau memperturutkan hawa nafsu semata.

Maraknya kasus penyalahgunaan narkoba dan prilaku seks bebas serta kenakalan remaja termasuk tawuran antar pelajar maupun balapan liar sudah menjadi pemandangan sehari-hari dalam kehidupan masyarakat.

“Karenanya, melalui Pesantren Ramadhan Remaja ini para remaja sekolah dibekali berbagai materi tentang agama dan keterampilan (life skill) akan mampu meningkatkan kemampuan usaha serta terhindar dari berbagai permasalahan remaja,”harap Suharni Faroek.

Pesantren Ramadhan Remaja 1432 H yang digagas TP PKK Provinsi Kaltim bersama Jaringan Remaja Waspada Penyalahgunaan Narkoba (Jarwasnaba) Kaltim diikuti 100 siswa sekolah SMA Kota Samarinda yang dilaksanakan selama tiga hari.

Kegiatan yang diberikan selama mengikuti pesantren yakni penyuluhan Narkoba dan konselor Narkoba, pola asuh remaja serta materi keagamaan berupa bina baca Al Qur’an, aqidah akhlak dan fiqih serta pelatihan keterampilan sablon dan pembuatan pin.(vb/mas)   


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.