ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Raih Peringkat Pertama Paritrana Award, Kukar Jadi Barometer Layanan Ketenagakerjaan

July 6, 2023 by  
Filed under Kutai Kartanegara

Share this news

SAMARINDA – Kutai Kartanegara (Kukar) meraih predikat juara satu  penghargaan Paritrana award katagori pemerintah daerah tingkat Propinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2023.

Paritrana award merupakan Penghargaan yang diberikan oleh Presiden RI kepada Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota dan Pelaku Usaha meliputi perusahaan skala besar, skala menengah, usaha sektor layanan publik dan usaha mikro atas  dukungan penuh pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Penyerahan penghargaan Gubernur Kaltim H. Isran Noor kepada Sekretaris Daerah (sekda) Kukar H. Sunggono saat acara launching perlindungan 100.000  pekerja rentan Kalimantan Timur di Pendopo Odah Etam Kaltim, Rabu (5/7/2023).

Selain penyerahan penghargaan Paritrana award  juga dilakukan penyerahan manfaat BPjS Ketenagakerjaan dan santunan JKK meninggal, JHT, JP dan Beasiswa.

Sekda Sunggono yang didampingi Plt. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi M. Hatta dan Kabid Ketenagakerjaan Hendra Wardana ditemui usai menerima penghargaan menyebutkan dari penilaian pemerintah pusat  Kukar sebagai kabupaten yang paling besar perhatiannya dalam layanan ketenagakerjaan.

“Ini dibuktikan dengan kita mendapatkan peringkat atau juara satu Paritrana award dari BPJS pusat” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengharapkan penghargaan itu bisa menjadi motivasi jajaran  pemkab Kukar untuk lebih memberikan perhatian yang lebih besar kepada pekerja rentan yang ada diwilayah Kukar.

“Pak bupati sendiri sudah menyampaikan kepada kami untuk terus meningkatkan jumlah cakupan layanan yang bisa diberikan kepada masyarakat, mudah – mudahan perlindungan yang kita berikan tepat sasaran kepada pekerja rentan yang memang sangat membutuhkannya dan belum tercover dipelayanan BPJS Ketenagakerjaan” harapnya.

Sementara itu perwakilan BPJS Kukar menyebutkan saat ini Kukar menjadi percontohan dalam memberikan layanan ketanagakerjaan dan  banyak kabupaten/kota lain yang studi banding ke Kukar.

“Ada kabupaten Paser, Pelaihari, Tanah Laut, Balangan Kalsel, nanti dari Sukamara juga ke Kukar, jadi Kukar ini jadi barometernya kabupaten/kota dalam layanan ketenagakerjaan,” ujarnya. (kk01).


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.