ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Tepat Idul Adha, Musholla Sabilul Muttaqin Resmi Digunakanv

July 13, 2022 by  
Filed under Serba-Serbi

Share this news

SENDAWAR – Panitia pembangunan Musholla Sabilul Muttaqin mengucap Syukur kepada Allah SWT, pada tahun 2022 ini bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha 1443 H, Musolla Sabilul Muttaqin secara resmi bisa digunakan dengan  ditandai pemotongan dua ekor sapi hewan kurban yang bersumber dari sumbangan dari Amirullah  penjual pecah belah dan iuran atau arisan warga sekitar.

Ketua Musolla Sabilul Muttaqin, Suryadi  mengatakan, berdirinya mushola ini sejak tahun 2017 lalu, berkat swadaya masyarakat sekitar, walaupun pembangunannya sempat macet selama tiga tahun kemarin.

“Pada tahun 2022 ini Alhamdulillah bisa rampung semuanya dan sudah bisa di gunakan,” ujarnya.

Ia mengatakan, asal mula berdirinya mushola ini mendapatkan hibah tanah dari Hamudin seluas 10 x 20  khusus untuk dijadikan mushola  dan wakafkan kepada masyarakat di sekitar bagi yang muslim, Setelah perizinannya lengkap baru bisa di resmikan pada hari Selasa (12/7/2022).

“Musholla ini beralamatkan di Gang Gangguan, depan Hotel LZ kelurahan/Kecamatan  Barong Tongkok, Kubar, dan sudah mendapat register  dari Kementrian Agama,” jelasnya.

Ia menyampaikan, sumber dana pembangunan Mushola Sabilul Muttaqin ini murni swadaya masyarakat, dan serupiahpun tidak ada ikut campur dana pemerintah.

“Tahun ini kami berencana mengajukan bantuan ke pemerintah, mudahan pemerintah Kubar mau membantu untuk menyelesaikan pembangunan Musholla ini,” ungkapnya.

Ketua panitia Kurban H. Herman menyampaikan, sapi kurban sebanyak dua ekor dan satu ekor kambing disalurkan kepada masyarakat sekitar dan sebagian dimasak di musolla untuk acara peresmian.  Sedangkan daging yang dibagikan kepada warga sekitar, muslim maupun yang non muslim mendapat bagian.

“Sebanyak 60 bungkus dibagi ke warga sekitar, sisanya di masak untuk acara peresmian musholla,” bebernya.

Ia berharap ke depannya, warga yang berkurban lebih banyak lagi. Setelah ada mushola diharapkan kepada warga sekitar apabila mau berkurban langsung saja ke Musholla Sabilul Muttaqin.

Sementara Fahrudiansyah Bahsan atau akrab dipanggil (Oji) selaku penasehat Musholla Sabilul Muttaqin menyampaikan, meski musholla ini kecil dan berada di dalam gang, namun peruntukannya  untuk dunia pendidikan seperti TK/TPA. Setelah hari raya Idul Adha,  TK/TPA sudah bisa berjalan dengan normal kembali.

“Gurunya nanti seorang Ustadz Tahfidz Quran dari Sulawesi dan kepala sekolahnya dari ketua musholla,”jelasnya.

Harapan ke depan, dengan adanya musholla ini dapat menambah toleransi antar umat beragama.

“Ada acara apapun di musholla ini kami tetap melibatkan warga di sekitar kita ini,”bebernya.

Oji menuturkan, partisipasi warga sekitar luar biasa, selama  musholla ini berdiri sampai sekarang, warga sekitar baik yang non muslim tetap baik, sehingga tercipta kebhinekaan yang harmonis antar umat beragama.

“Semoga ini menjadi contoh bagi teman teman yang lain, bahwa  Kubar ini adalah rumahnya Pancasila  yang keberagaman itu sangat asri yang diutamakan dalam hubungan umat beragama,” jelasnya.

Ia berharap pemerintah bisa membantu menyelesaikan hal-hal yang belum rampung seluruhnya.  Masih ada sedikit lagi yang belum selesai seratus persen.

“Paling utama adalah sholat lima waktu bisa berjalan di musholla ini, pendidikan dan pelatihan serta ibu dan bapak  pengajian juga berjalan,” tutupnya. (arf)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.