ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Wagub Kaltim Inginkan TP PKK Fasilitasi Tumbuh Kembang Anak

July 23, 2023 by  
Filed under Kalimantan Timur

Share this news

TENGGARONG — Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (HKG PKK) ke 51 Tingkat Provinsi Kaltim tahun 2023 pada 23 Juli 2023 bertepatan Peringatan Hari Anak Nasional (HAN).

Sejalan dengan itu Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi mengingatkan Tim Penggerak (TP) PKK untuk mengajak kader PKK hingga tataran terbawah harus mampu memfasilitasi tumbuh kembang anak agar mendapatkan pendidikan baik.

“Jangan ada anak tidak terfasilitasi pendidikan. Ibu-ibu PKK harus mampu fasilitasi itu. Pun demikian sekolahan harus mampu menyiapkan pendidikan yang mengakomodir tidak sekadar terkait pendidikan pembelajaran,” seru Wagub Hadi memberi arahan saat Puncak Peringatan HKG PKK ke 51 Tingkat Provinsi Kaltim tahun 2023, di Stadion Rondong Demang Tenggarong, Sabtu (23/7/2023).

Menurutnya pendidikan dimaksud tidak melulu terkait pendidikan berkaitan kecerdasan otak. Tetapi mencakup segala aspek mulai dari kecerdasan otak, eeni, budaya, dan lainnya.

“Tidak ada anak bodoh. Semua cerdas. Hanya saja harus ditumbuhkan sesuai potensi yang dimiliki. Ini yang saya maksudkan terfasilitasi pendidikan,” timpalnya.

Terkait pelaksanaan HKG PKK dia mengaku yang paling diingat ungkapan Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah bahwa lomba persaingan berlomba terkait pelaksanaan program pokok PKK sudah usai. Sekarang kembali bersatu dan bersinergi mewujudkan kesejahteraan keluarga dan pemberdayaan masyarakat.

Sebelumnya Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah menyebut memang ada semangat kompetensi dan lomba sepanjang perhelatan Peringatan HKG PKK. Setelah ini harus bangun lagi lembaran baru bersinergi seluruh TP PKK Kabupaten/Kota menjadi PKK Kaltim.

“Siapapun yang terbaik jadikan model bagaimana melakukan pembinaan, sehingga bisa jadi terbaik kali ini,” katanya.

Sementara Ketua TP PKK Kaltim Erni Makmur Hadi Mulyadi berharap setelah ini membawa semangat baru bergerak melangkah bersama mewujudkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

“Dengan begitu tekad mewujudkan Indonesia tumbuh Indonesia Maju bisa diwujudkan,” katanya.

Prinsip dasar gerakan PKK adalah menggerakan peran serta masyarakat untuk gotong royong sebagai warisan budaya. Dengan gotong royong dampaknya luar biasa.

Gerakan PKK disadari menjadi modal sosial wujudkan pembangunan karena tumbuh dan berkembang bersama masyarakat.

Ketua TP PKK Kutai Kartanegara Maslianawati Edi Damansyah menyebut seluruh rangkaian kegiatan Peringatan HKG PKK golnya tidak lain mewujudkan kolaborasi antar TP PKK Kabupaten/Kota bersatu menjadi ke satuan mewujudkan tujuan yang sama.

“Dengan kolaborasi semua akan jadi mudah. TP PKK Kukar saja bisa menyelenggarakan kegiatan hingga saat ini karena kolaborasi. Didukung semua pihak. Kita sudah ada perjanjian dengan 18 OPD. Tanpa OPD tidak bisa bekerja sendiri PKK tidak ada dana khusus,” sebutnya.

Puncak Peringatan HKG PKK ke 51 Tingkat Provinsi Kaltim sendiri ditandai penyerahan penghargaan kepada juara lomba pokja pokja PKK, penyerahan trophy bergilir Gubernur Kaltim ke TP PKK Kota Balikpapan sebagai juara umum lomba, dan pemotongan tumpeng.

Turut hadir pada acara ini Bupati Kutai Barat FX Yapan, Bupati Penajam Paser Utara Hamdan, Wakil Bupati Berau Gamalis, Kepala Kantor Wilayah Kemenhum HAM Sofian, dan Siti Rahmawati Isran yang merupakan putri Ketua TP PKK Kaltim Almarhumah Norbaiti Isran Noor.(AM)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.