ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Yan Minta Warga Suku Lepoq Tepu Persiapkan Diri Sambut IKN

July 6, 2023 by  
Filed under Kutai Timur

Share this news

TELEN – Ketua Komisi D DPRD Kutai Timur (Kutim) meminta kepada seluruh warga Suku Lepoq Tepu untuk menyambut IKN di Kaltim. Sebab, Kutim adalah salah satu Kabupaten penyangga IKN. Dan, daerah-daerah yang ada di Kaltim akan mengalami dampak, baik positif maupun negatif.

“Maka kita harus mempersiapkan diri. Dalam kegiatan ini akan kita berikan arahan kepada seluruh masyarakat Suku Lepoq Tepu yang tergabung dalam Temengang Iwan, agar  kita terus berbenah mempersiapkan diri menyambut IKN,” ujar anggota DPRD Kutim Yan, Kamis,  (6/7/2023)

Anggota DPRD Kutim Yan

Ketua Komisi D DPRD Kutai Timur (Kutim) yang juga Ketua Kerukunan Temengang Iwan Lepoq Tepu Kutim Yan Ipui menhatakan,  Mubes ini juga sebagai ajang untuk meningkatkan silaturahmi antar Masyarakat Suku Dayak Lepoq Tepu se Kalimantan Timur (Kaltim), Kalimantan Utara (Kaltara) dan Malaysia.

“Paling penting dalam hal ini, kita ingin terus meningkatkan silaturahmi diantara kita dan memperkenalkan anak-anak akan budaya kita ini,” ucap Yan.

Yan menuturkan, Suku Lepoq Tepu merupakan bagian kecil dari Suku Kenyah yang ada di Kaltim. Dan beberapa waktu yang lalu, Ia sempat mendengar suku dayak terdata ada 23 suku kenyah di Pulau Borneo ini. Tersebar di Kaltim, Kaltara, Malaysia, bahkan ada yang di Pulau Jawa dan Sumatra.

“Tujuan utama Mubes Temengan Iwan Lepoq Tepu adalah mempererat tali silaturahmi, menjalin kebersamaan, merajut kasih di antara Suku Lepoq Tepu,” ungkapnya.

Seperti diketahui Masyarakat Suku Dayak Lepoq Tepu se Kaltim, Kaltara dan Malaysia menyelenggarakan Musyawarah Besar (Mubes) Temengang Iwan Ke VII yang dipusatkan di Desa Rantau Panjang Kecamatan Telen Kabupaten Kutim ini, bakal digelar selama enam hari, mulai tanggal 4 hingga 9 Juli 2023.

Turut hadir pada kegiatan Mubes Temengan Iwan itu, Wakil Bupati Kasmidi Bulang, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan, Administrasi Umum dan HAM Roma Malau. Camat Telen Petrus Ivung, Anggota DPRD Kutim Yan Ipui dan Arang Jau Kepala  LADK Kaltim Ajang Kedung. Kepala Adat Besar se Sungai Telen Martin Langet, Tokoh Masyarakat Temengan Iwan. Kepala Adat  se Kecamatan Telen, kepala Desa se Telen dan undangan lainnya. (adv)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.