ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Kagumi BBI Loa Janan dan Tawarkan APBN

August 8, 2023 by  
Filed under Nusantara

Share this news

LOA JANAN – Sungguh suatu pemandangan yang tidak terbayangkan, bahkan diluar dugaan. Kalimantan Timur ternyata memiiki sarana produksi perbenihan milik pemerintah daerah yang refresentatif.

“Ini di luar ekspektasi  dan di luar bayangan saya,” ungkap Direktur Perbenihan Hortikultura Kementerian Pertanian RI Inti Pertiwi Aswari, saat penyerahan surat keputusan (SK) Penetapan Balai Benih Indukan Tanaman Pangan dan Hortikultura sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), oleh Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor di UPTD BBI TPH Loa Janan, Kutai Kartanegara, Minggu (6/8/2023).

Tidak sampai disitu, wanita yang mendapat amanah sebagai Plt Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional itu, kembali melontarkan kekagumannya atas kebijakan Gubernur Isran Noor.

“Saya apresiasi Pak Gubernur atas dukungannya terhadap perbenihan hortikultura,” ucapnya.

Karena diakuinya, tidak banyak daerah melakukan dukungan perangkat daerahnya. Bahkan Kaltim sebutnya, satu-satunya provinsi yang memberikan perhatian perbenihan dengan mengalokasikan anggaran cukup besar.

“Anggaran Rp46 miliar itu lumayan besar Pak, sangat besar,” ucapnya lagi.

Tidak habis-habisnya, dia pun mengungkapkan kekagumannya atas BBI TPH Loa Janan, bahkan ketika dirinya mulai memasuki kawasan balai benih milik Pemerintah Provinsi Kaltim ini. Walau pun jujur diakuinya, awalnya saat stafnya menawarkan untuk datang ke Kaltim, khususnya ke UPTD BBI TPH sebagai balai benih hortikultura.

“Dibenak saya bertanya, seserius apa sih,” ucapnya.

Setelah melihat sendiri disini, ia mengakui keseriusan balai benih ini. Kedepan, Pertiwi pun menawarkan BBI TPH untuk kerjasama dan mensupport melalui dana APBN untuk pemenuhan serta ketersediaan benih tanaman hortikultura.

“Jangan khawatir untuk menjadi perusahaan, ingin komersil, BBI punya pasar yang cukup besar. Nanti kalau sudah bisa menghasilkan benih, akan menjadi sumber produksi benih untuk Provinsi Kaltim dari APBN,” ujarnya.

Pertiwi mengakui keberadaan BBI TPH Loa Janan menjadi solusi bisa mengurangi beban Kementerian Pertanian yang selama ini benih-benih TPH diproduksi di wilayah Jawa.

“Kalau nanti kerjasama Pemprov Kaltim dengan APBN. Sanggupnya berapa,10. Ribu atau 100 ribu atau 200 ribu. Saya berikan target itu, produksi disini. Pasarnya, nanti kami yang carikan,” ujarnya.(mas)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.