ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Peduli Lingkungan SMA N I Kota Bangun Tanam 500 Bibit Pohon

August 1, 2012 by  
Filed under Serba-Serbi

Share this news

TENGGARONG – Peraih juara sekolah sehat tiga (3) kali berturut turut tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) SMA Negeri I Kota Bangun terus melakukan inovasi dalam mempertahankan prestasinya, tidak hanya itu kepedulian terhadap kelestarian lingkungan juga ditunjukannya.

Salah satunya dengan melakukan kerja bakti penanaman pohon dengan berbagai jenis¬† pohon buah-buahan, sekaligus aksi bersama membersihkan lingkungan dengan mengumpulkan sampah-sampah dikiri kanan jalan Kota Bangun-Tenggarong. “Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari program sekolah sehat yang sudah dilaksanakan secara rutin tiap tahunnya,” Kata Kepala Sekolah SMA N I Kota Bangun Mawardi, Sabtu (28/7) di Kota Bangun.

Menurut dia, aksi tanam pohon merupakan hasil pembibitan oleh siswa SMA N 1 Kota Bangun sekitar 5 bulan sebelum proses penanaman. Siswa-siwi diberi kebebasan untuk melakukan pembibitan jenis tanaman apa yang mereka suka, sehingga jenis tanaman pun berbeda-beda, mulai dari bunga, sayur mayur, pohon pinang, karet, sampai buah-buahan mulai dari rambutan, durian, manga, jeruk, kelapa dan lain sebagainya.

“Kurang lebih 180 bibit pohon yang kami tanam dilingkungan SMA, dan sisanya ada sekitar 500 bibit pohon yang rencananya akan kami tanam menjelang HUT SMA November mendatang,” katanya.

Dijelaskan Mawardi, tidak hanya penanaman di lingkungan sekolah melainkan akan di tanam di sisi kiri-kanan jalan Kota Bangun. Karena Luas lingkungan SMA cukup luas yaitu 38,380 m2, maka penanaman pohon saat ini masih dilakukan sebatas lingkungan SMA, dengan tujuan untuk mendukung program Kaltim Green. Hal ini pun sejalan dengan arahan tim Adiwiyata Propinsi dan Kabupaten yang datang ke SMA kami, karena SMA kami merupakan SMA peraih juara sekolah sehat 3 kali berturut-turut tingkat Kabupaten untuk katagori sekolah menengah atas.

“Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama dengan Koramil Kota Bangun untuk melakukan pembersihan sampah yang berserakan di sisi kiri-kanan jalan penghubung kota bangun -Tenggarong yang berjarak kurang lebih 2 km dari lingkungan SMA N 1 Kota Bangun,” jelasnya. (hmp4)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.