ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pemkab Jalin Kerja Sama Dengan Perusahaan Bangun Kutai Barat

August 7, 2022 by  
Filed under Serba-Serbi

Share this news

Jembatan Tumenggung Singa Yuda, Kecamatan Damai

SENDAWAR – Dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir ini Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) menjalin kerja sama dengan pihak ketiga atau perusahaan membangun daerah.

Keberhasilan pembangunan yang di bangun melalui dana dari swasta atau pihak ketiga ini aadalah keberhasilan pemerintah daerah dalam menjalin hubungan baik dengan perusahaan, sehingga terbangun proyek yang nilainya milliaran rupiah.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Sahadi saat ditemui media ini menyampaikan, pembangunan jembatan Tumenggung Singa Yuda yang berada di Kecamatan Damai dibangun PT. Keruing. Selain itu ada juga pembagunan Lamin atau Lou Adat di Kecamatan Bentian Besar serta bantuan alat kesehatan dalam penanganan covid 19 di RSUD HIS oleh PT.Trubaindo Coal Mining (TCM) yang nilainya milliaran rupiah.

“Sebenarnya pemerintah sudah lama pingin membangun jembatan tersebut, karena jembatan itu sangat penting sekali untuk akses yang menghubungkan beberapa kampung dan kecamatan serta perusahaan yang berada disebrang Sungai Kedang Pahu.” kata Sahadi.

Kepala BKAD Kubar, Sahadi

Disampaikan Sahadi, pemerintah memiliki dana terbatas untuk membangun jembatan sehingga pemerintah berkoordinasi dengan pihak perusahaan kelapa sawit milik PT. Keruing.  Perusahaan pun menyambut baik agar hasil panennya bisa melewati jembatan tersebut menuju pelabuhan,  sehingga terbangun Jembatan Tumenggung Singa Yuda tersebut.

Dijelaskan Sahadi, pembungunan jembatan tersebut sepenuhnya ditanggung perusahaan. Sedangkan untuk ganti rugi lahannya ditanggung pemerintah daerah.

“Inil salah satu upaya keberhasilan  pemerintah daerah dalam melakukan kerjasama soal pembangunan infrastruktur dengan pihak swasta,” kata Sahadi.

Kerja sama lainnya dengan pihak swasta yaitu pembangunan Lamin atau Lou Adat Bentian yang dibangun PT. TCM di Kampung Dilang Puti Kecamatan Bentian Besar dengan dana milliaran rupiah.

“Itu semua murni dana dari PT. TCM meski penyelesaiannya bertahap,”tuturnya.

Selain itu, bantuan alat kesehatan untuk penanganan Covid 19, yang berikan oleh PT. TCM kepada RSUD HIS yang juga nilainya milliaran rupiah. Hal tersebut  hasil hubungan baik pemerintah daerah dengan pihak ketiga atau perusahaan yang ada di daerah.

Lamin Lou Adat Bentian, Kecamatan Dilangputi

Sahadi menuturkan, kegiatan dari CSR perusahaan sebenarnya banyak sekali yang belum diketahui karena belum terdata secara administrasi oleh kampung-kampung binaanya maupun yang di luar binaanya. Sahadi menyarankan kepada kepala kampung serta camat yang ada di Kubar agar mendata kegiatan CSR yang ada di kampung atau kecamatan masing masing dan dilaporkan ke bagian aset di daerah, sehingga kegiatan CSR perusahaan bisa diketahui semua.

“Selama ini kita tidak tahu kegiatan CSR dari perusahaan tambang ,” ujar Sahadi.

Dijelaskan Sahadi, setelah nanti terdata semua maka akan diketahui jumlah bantuan CSR yang ada.

“Kita akan berkoordinasi dengan para petinggi dan juga camat untuk mendata semua bantuan CSR perusahaan,” tuturnya. (arf)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.