ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pj Wali Kota Batu Ajak Generasi Milineal Kembangkan Ekonomi Kreatif

October 5, 2023 by  
Filed under Nusantara

Share this news

SURABAYA – Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, mengajak milenial Jawa Timur untuk berjalan beriringan dengan Pemerintah dalam menghadapi tantangan global dunia usaha. Hal itu dikatakan Aries ketika menjadi nara sumber  Podcast Jatim Fest 2023 dengan tema Ekonomi Kreatif Milenial, Rabu (4/10/2023).

Aries menyampaikan pentingnya peran kaum milenial dalam mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif.  Ditekankan, kreativitas dan inovasi adalah kunci untuk menggerakkan sektor ini ke arah yang lebih maju dan berkelanjutan.

“Kami percaya kaum muda memiliki potensi besar untuk menciptakan ide-ide segar dan mengembangkan bisnis-bisnis kreatif yang unik,” ujar Aries.

Menurut Aries, karakter milenial yang penuh inovasi dan kreatifitas, menjadi salah satu kunci dalam membangun ekonomi kreatif yang sukses.  Oleh karena itu kreatifitas dan inovasi menjadi suatu keharusan di tengah persaingan global, terutama dalam mengembangkan ekonomi kreatif.

“Setiap daerah di Jawa Timur dan Kota Batu termasuk didalamnya, memiliki potensi unggulan masing-masing. Pasar ada, kebutuhan yang tinggi sehingga Pemerintah dan milenial harus bersama-sama beriringan mengembangkan potensi yang ada dengan kreatfitas dan inovasi  yang dimiliki milenial sehingga potensi unggulan daerah menjadi produk yang memiliki nilai jual dan menjadi sumber ekonomi,” ungkap Pj.Walikota Batu.

Disebutkan,  peran milenial sangat penting sehingga perlu diberikan pengetahuan dan keterampilan dalam  bidang-bidang terkait ekonomi kreatif, seperti desain grafis, fashion, seni digital, serta kepercayaan dalam mengolah dan memasarkan produk melalui teknologi.  Khusus produk UMKM yang perlu terus didorong mengingat UMKM memiliki peran sangat besar dalam pengembangan ekonomi daerah dan nasional.

Pj Aries  menguraikan berbagai potensi yang dimiliki Kota Batu, yaitu 3 sektor unggulan pariwisata, pertanian dan UMKM. Ketiganya saling terkait sehingga UMKM yang kuat sangat diperlukan untuk membangun perekonomian.

“Disinilah peran milenial diperlukan untuk membangun UMKM yang kuat. Pemerintah akan memberikan pembinaan dan pendampingan salah satunya melalui PLUT secara gratis,” tuturnya seraya menambahkan kegiatan PLUT Kota Batu antara lain membina UMKM mulai dari desain logo atau branding, dan juga packaging yang bagus agar bisa masuk market yang lebih tinggi lagi.

Dikatalam, salah satu peran milenial adalah menjual produk secara online.  Pemkot Batu juga membina agar UMKM dapat memasarkan produknya secara online. Salah satunya memasarkan produk melalui E- katalog sehingga pemerintah dapat membantu memasarkan produk UMKM serta akan meningkatkan perekonomian.

Aries  menjelaskan strategi agar wisatawan tidak bosan datang ke Kota Wisata Batu, yaitu dengan mendorong agar desa dan kelurahan terus berinovasi dan berkreatifitas  dalam desa wisata. Munculnya desa wisata, menjadikan desa dan kelurahan terus memacu diri untuk mengembangkan potensi unggulannya dan juga potensi UMKMnya.

“Disini juga diperlukan kreatifitas dan inovasi setiap desa sehingga disetiap sudut Kota Batu menarik untuk dinikmati wisatawan,” ungkap pria yang juga menjabat Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur ini.

Diakhir siaran Podscast Aries berharap generasi milenial akan menjadi pionir dalam membawa Batu menuju masa depan yang lebih kreatif dan berdaya saing.(Buang Supeno).


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.