ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pj Wali Kota Batu : Jihad Santri Membangun Bangsa Melalui SDM Bermutu dan Berkualitas

October 22, 2023 by  
Filed under Nusantara

Share this news

BATU – Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai  mengajak kepada seluruh santri untuk menjalankan jihad santri, yaitu jihad membangun bangsa melalui SDM yang bermutu dan berkualitas, serta berakhlak menuju Indonesia Emas Tahun 2045.

Hal itu dikatakan ketika PJ.Walikota Batu sebagai Pembina Apel Hari Santri Nasional dengan tema Hari Santri Nasional 2023 yaitu Jihad Santri, Jayakan Negeri, dipusatkan di halaman kantor Balaikota Among Tani, Minggu ( 22/10/2023 ).

“Konsep Jihad Santri yang diangkat sebagai tema tahun ini bukanlah Jihad dalam arti perang, melainkan semangat juang meningkatkan kualitas diri, berkontribusi bagi masyarakat dan menjadikan negeri ini lebih baik. Yaitu jihad membangun bangsa melalui SDM yang bermutu dan berkualitas, berakhlak mulia menuju Indonesia Emas 2045,” ucap Pj Aries.

Aries menekankan  momen Hari Santri Nasional merefleksikan semangat, tekad dan dedikasi para generasi penerus Islam yang mampu membawa cahaya kehidupan dan perubahan-perubahan positif dalam kehidupan masyarakat.

Sesuai dengan tema ‘Jihad Santri Jayakan Negeri’ memiliki makna mendalam, mengingatkan akan peran santri dalam membangun bangsa dan negara. Jihad Santri diartikan mengabdikan diri kepada agama, ilmu pengetahuan dan kemanusiaan. Santri adalah garda terdepan dalam segala aspek pembangunan, baik dalam bidang ilmu pengetahuan, bidang agama, maupun pemberdayaan masyarakat.

Aries dengan penuh semangat menyatakan peran Santri bagi bangsa Indonesia ibarat mata air yang mengalirkan ilmu moral dan nilai-nilai luhur Islam, mengembangkan nilai kebhinekaan, toleransi dan perdamaian ke seluruh penjuru tanah air.

“Kita patut berbangga dengan peran santri dalam memajukan pendidikan, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat, para santri adalah pilar kekuatan bangsa ini, dan kita harus sepunuhnya mendukung upaya-upaya mereka dalam mencapai cita-cita yang memberikan manfaat untuk kemaslahatan bagi masyarakat,” ungkapnya dihadapan 800 orang santri se-Kota Batu yang mengikuti apel.

Dalam kesempatan itu Pj Wali Kota Batu memberikan SK nama jalan yakni Letkol KH Iskandar Sulaiman. SK tersebut langsung diberikan Rois Syuriyah PCNU Kota Batu KH Hazim Sirodjudin. Nama jalan itu dipergunakan untuk jalan penghubung yang berada di Dusun Sekarputih, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.

Perlu diketahui Letkol KH Iskandar Sulaiman adalah sosok kiai yang menyebar ajaran Islam melalui Nahdlatul Ulama (NU) di Malang Raya. KH. Iskandar Sulaiman merupakan santri Pesantren Tebuireng Jombang, yang dipercaya keluarga ndalem KH. Hasyim Asy’ari. Dibuktikan dengan penunjukannya sebagai Konsul NU Jawa Timur  untuk wilayah Malang dan Matraman pada Tahun 1934.

Hadir apel peringatan Hari Santri Nasional 2023 di Kota Batu, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Batu, Kapolres Kota Batu, Perwakilan Kajari dan Dandim 0818, Ketua TP PKK Kota Batu, Ketua DWP Kota Batu, Rois Syuriah PCNU, Ketua PCNU, Ketua Muslimat NU Kota Batu, Pimpinan Pondok Pesantren se-Kota Batu, Sekretaris Daerah dan Pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Batu.

Usai melaksanakan apel, Pj Aries beserta Forkopimda memberangkatkan Kelompok Pramuka peserta Jelajah Santri, dan selanjutnya mengikuti Kenduri Massal yang menyediakan 99 tumpeng. (Buang Supeno)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.