ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Amankan Pilkada, Polres Kubar Turunkan 1.556 Personel

November 17, 2020 by  
Filed under Serba-Serbi

Share this news

 

SENDAWAR – Polres Kutai Barat (Kubar) menurunkan 1.556 personel untuk pengamanan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 9 Desember mendatang.

Kapolres Kubar AKBP. Irwan Yuli Prasetyo melalui Kabag Ops Kompol Dika Yosep Anggara menyampaikan, untuk pengamanan Pemilukada 9 Desember mendatang di Kubar maupun Mahakam Ulu (Mahulu) yang berada di bawah komando Polres Kubar akan menurunkan masing-masing anggota Polres 358 personel, Linmas 948 personel, BKO Brimob 150 personel, BKO TNI 100 personel.

“Di tempat pemungutan suara kita menurunkan dua pertiga personel polres,”ujar Dika.

Kabag Ops Kompol Dika Yosep Anggara S.Ik

Ia mengatakan, hampir seluruh anggotanya diturunkan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), karena di tempat pemungutan suara ada empat kriteria yaitu, aman, rawan, sangat rawan dan khusus.

“Untuk pengaman di TPS kita menurunkan sekitar 358 personel polres,”jelas Dika.

Dika menjelaskan, untuk TPS yang masuk kriteria aman satu anggota personel polres bisa menjaga dua sampai tiga TPS. Sedangkan TPS yang rawan, sangat rawan dan khusus akan dijaga satu orang personel polres per TPS. Sementara untuk Linmas setiap satu TPS akan diisi dua orang anggota linmas.

“Untuk TPS khusus seperti Lembaga Pemasyarakatan (LP) Rumah sakit, tempat isolasi Covid 19 akan dijaga satu orang personel polres dan dua linmas,”tandasnya.

Dika menuturkan, untuk anggota Linmas total Kubar dan Mahulu berjumlah 948 orang. Di kubar ada 780 anggota linmas guna mengamankan 390 TPS, karena setiap TPS akan diisi dua orang anggota linmas. Sedangkan yang di Mahulu ada 168 anggota linmas untuk mengamankan 84 TPS.

“Untuk linmas Mahulu belum diserah terimakan oleh Pemda Mahulu ke Polres. mungkin dalam waktu dekat akan diserahterimakan oleh pemda Mahulu ke kita, untuk linmas kubar sudah diserahkan ke kita Kamis (12/11/2020) lalu,”ujarnya.

Dika membeberkan, karena sebagian besar anggota polres bergeser ke TPS, otomatis mako polres kekosongan anggota. Karenanya polres sangat mebutuhkan BKO dari Polda. Polres akan mengajukan permohonan penambahan personel brimob dari polda.

“Kita akan meminta bantuan sekitar seratus lima puluh personel brimob dari Polda,”ungkapnya.

Tujuan meminta bantuan brimob untuk memperkuat mako polres dan juga untuk antisipasi apabila ada konflik atau masalah di TPS. Selain itu untuk memperkuat mako polres apabila ada yang menghalang–halangi jalannya pilkada, karena sebagian anggota polres sudah bergeser ke TPS semua.

“Untuk anggota TNI yang jumlahnya seratus orang akan bersiap di Makodim, apabila dibutuhkan mereka akan selalu siap,” ucapnya.

Dika berharap, menjelang pelaksanaan pilkada yang kurang sekitar 22 hari lagi seluruh masyarakat baik di Kubar maupun Mahulu untuk menjaga ketertiban dan keamanan serta kondsifitas di wilayahnya masing-masing. Jangan sampai ada konflik pendukung pasangan calon, tetap bisa menahan diri.

Pada hari H nya namti diharapkan masyarakat datang ke TPS menggunakan hak suaranya sesuai dengan hati nuraninya masing – masing.

“Karena pilihan anda akan menentukan suatu daerah untuk lima tahun kedepan,” kata Dika. (arf).


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.