ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

ASN Setda Kukar Ikuti Penguatan Implementasi Core Values ASN BerAKHLAK

November 18, 2023 by  
Filed under Kutai Kartanegara

Share this news

TENGGARONG- Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) Dr H Sunggono membuka kegiatan Penguatan Implementasi Core Values dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara (ASN) BerAKHLAK sebagai Internalisasi Berakhlak dan Mindset “Bangga Melayani Bangsa” lingkungan Sekterariat Daerah Kukar, Jumat (17/11/23) di Hotel Grand Senyiur Balikpapan.

Hadir pada acara itu para Kepala Bagian, para Pejabat Fungsional dan Pelaksana di Lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara, dan tentunya peserta kegiatan itu ASN Sekretariat Daerah.

Pada kesempatan itu tim ESQ selaku narasumber juga memberikan Buku terkait ESQ kepada Sekda.

Sekda mengatakan, untuk mendukung Visi Indonesia Maju 2045, tentu menuntut adanya perubahan mindset dan cultural set ASN sebagai komponen utama mesin birokrasi. Perubahan mindset menuju birokrasi kelas dunia setidaknya menuntut adanya rencana aksi konkrit yang dioperasionalisasikan melalui  pembangunan sumber daya manusia (SDM) ASN unggul, yang antara lain dicirikan dengan SDM yang memiliki jiwa pekerja keras, bekerja smart, dinamis, adaptif dan agile serta terampil menguasai IT, memiliki kapabilitas dan integritas serta komitmen kerja yang  tinggi.

Dalam rangka penguatan budaya kerja sebagai salah satu strategi transformasi pengelolaan ASN menuju pemerintahan berkelas dunia (world class government) serta untuk melaksanakan kode etik dan kode perilaku Undang-undang Aparatur Sipil Negara diperlukan keseragaman nilai-nilai dasar ASN. Maka pada Tanggal 27 Juli 2021 Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, resmi diluncurkan Core Values “BerAKHLAK” dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara (ASN) “Bangga Melayani Bangsa”. BerAKHLAK merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

“Peluncuran Core Values ini bertujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar (core values) bagi seluruh ASN di Indonesia sehingga dapat menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional,” ujarnya saat membacakan Bupati Edi Damansyah.

Setiap ASN dimanapun bertugas seharusnya memegang teguh nilai-nilai dasar serta semboyan yang sama. Seluruh ASN dari berbagai latar belakang profesi, harus mempunyai nilai dasar dan proposisi nilai rujukan yang sama baik ASN yang bertugas sebagai pegawai pusat maupun pegawai daerah harus mempunyai core values yang sama. Setiap ASN juga mempunyai orientasi yang sama, yaitu memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. Jiwa melayani serta membantu masyarakat wajib tertanam kuat dalam diri setiap ASN.

Dalam perannya sebagai pelayan publik, ASN dilengkapi dengan kewenangan dan sumber daya yang diberikan oleh negara. Otoritas dan sumber daya tersebut harus digunakan secara akuntabel dengan loyalitas tinggi kepada pemerintah, bangsa, dan negara serta menjaga kehidupan masyarakat yang harmonis.

Lebih lanjut dikatakannya, saat ini ASN dihadapkan pada tantangan disrupsi dalam berbagai bidang. Peningkatan kapasitas dan kompetensi menjadi keniscayaan dalam menghadapi era disrupsi. Upaya-upaya kolaboratif dalam penyelenggaraan pemerintahan harus terus ditingkatkan, baik kolaborasi lintas organisasi, lintas daerah, lintas ilmu, dan lintas profesi.

 

“Saat ini dunia menjadi serba hybrid, serba kolaboratif. Tidak boleh lagi ada ego, baik ego sektor, ego daerah, dan ego ilmu,” ujarnya.

Penetapan core values ASN BerAKHLAK dilakukan sebagai akselerasi transformasi ASN. Momentum perubahan ini mendukung pelaksanaan program prioritas terkait Pembangunan SDM guna mewujudkan SDM yang memiliki profil pekerja keras, dinamis, terampil, dan menguasai IPTEK.

Core value merupakan nilai-nilai dasar yang mesti dimiliki setiap ASN. Maka, jika dapat diaplikasikan dengan baik, maka tidak ada lagi ego sektoral dan silo mentality, setiap instansi dapat saling berkolaborasi dalam menciptakan harmonisasi pelayanan publik yang lebih baik kepada masyarakat.

Diharapkannya kegiatan ini terus dilaksanakan berkelanjutan, dan nilai-nilai Core values BerAKHLAK menjadi dasar penguatan budaya kerja di Sekretariat Daerah untuk mendukung pencapaian kinerja individu dan tujuan organisasi dan pemerintah daerah.

Seluruh ASN di Sekretariat Daerah harus menginternalisasikan dan mengimplementasikan core values ASN BerAKHLAK secara utuh tidak menambah atau mengurangi definisi dan panduan perilaku serta harus melengkapi dengan contoh perilaku (kode perilaku) yang relevan dengan konteks tugas fungsi masing-masing.

Seluruh ASN di Sekretariat Daerah juga harus mampu menjadi contoh baik contoh perilaku maupun kinerja bagi seluruh ASN di seluruh Pemda Kutai Kartanegara.

Dengan internalisasi core values ASN diharapkan akan tercipta ekosistem dan  semangat berinovasi sehingga kerja-kerja menjadi lebih bermakna dan terjadi peningkatan peran seluruh insan ASN Sekretariat Daerah untuk aktif berkontribusi menjawab tantangan-tantangan baru di era modern ini.

“Saya meminta Setiap Pimpinan Perangkat Daerah, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas agar mengawasi pelaksanaan dan ikut serta menginternalisasikan dan mengimplementasikan core values ASN BerAKHLAK di unit kerjanya masing-masing,” demikian ujarnya. (kk04)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.