ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

BPBD Batu Mitigasi Susur Sungai Pusung Lading Bulukerto

November 17, 2023 by  
Filed under Nusantara

Share this news

BATU – BPBD Batu bersama dengan gabungan TNI,Polri,KTH Bulukerto dan Pemdes Bulukerto mengadakan susur sungai dikawasan aliran air Pusung Lading, Gunung Pucung desa Bulukerto, Kamis (16/11/2023).

Kepala BPBD Kota Batu Agung Sedayu menjelaskan kawasan Pusung Lading merupakan hulu dimana penyebab banjir banjar Bulukerto November 2021. kegiatan ini untuk melakukan survey mitigasi selama 2 hari melihat kondisi badan sungai adakah bendung alam yang ditimbulkan ketika terjadinya banjir bandang tahun 2021 lalu. Mengingat musim penghujan sudah mulai tiba, sehingga diperlukan langkah- langkah antisipasi dan tindakan preventif.

“Kegiatan ini merupakan langkah preventif dan kesiap siagaan dalam mengantisipasi terjadinya banjir bandang  menjelang musim penghujan di penghujung tahun 2023-2024 ini Setelah itu rencana operasi susur sungai pembersihan Pusung Lading Sabtu dan Minggu. “ ungkap Agung Sedayu.

Kegiatan susur sungai ini dilaksanakan dengan membentuk 2 tim  selama dua hari sejak Rabu (15/11/2023) hingga Kamis (16/11/2023). Peserta susur sungai terdiri dari 40 orang dari berbagai unsur mulai KTH Bulukerto, TNI Polri, BPBD Kota Batu hingga ahli kayu.

Agung Sedayu menyebutkan, Jika melihat pantauan udara terakhir, memang diketahui sejumlah pohon tegakan di sana mulai menumpuk. Dikhawatirkan ketika terjadi hujan dengan intensitas tinggi, material ini akan terbawa aliran air dan berpotensi menjadi bendung alam.

“Kami antisipasi agar tidak terjadi penumpukan pohon bekas kebakaran yang menimbulkan timbunan material sehingga membentuk bendungan alam “ lanjutnya.

Agung menegaskan hasil dari mitigasi susur sungai ini nanti akan berlanjut pada eksekusi pembersihan yang rencana akan dilakukan pada Sabtu (18/11/2023) hingga Minggu (19/11/2023).

“Eksekusi dari hasil mitigasi akan dilakukan sabtu dan minggu  volume, titik-titik bendung alamnya, tingkat kesulitan, apa yang kita bawa dan lain-lain. Makanya di susur sungai hari ini juga melibatkan ahli potong kayu,” pungkas Agung.

Hadir dalam kegiatan Apel Susur Sungai Wakapolres Batu Kompol Jeni Al-Jauza, Kapolsek Bumiaji AKP Guguk Windu Hadi, Danramil Bumiaji Kapten Budi Camat Bumiaji Bambang Hai Suliyan. (Buang Supeno)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.