ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pembangunan Pelabuhan Kenyamukan Berjalan Sesuai Tahapan

November 15, 2023 by  
Filed under Kutai Timur

Share this news

SANGATTA – Pelaksanaan kelanjutan pembangunan pelabuhan Kenyamukan yang dinanti-natikan masyarakat, kini sudah berjalan sebagaimana mestinya. Sebab, alokasi anggarannya menggunakan skema tahun jamak atau Multi Years Contrac (MYC).

“Untuk proses lelang sudah selesai dilaksanakan. Mudah-mudahan segera dimulai pembangunan kelanjutan pelabuhan Kenyamukan tersebut,” kata Kepala Dinas Pehubungan (Kadishub) Kutim Joko Suripto kepada media ini, di ruang kerjanya Selasa (14/11/2023).

Dia optimis, pelaksanaan pembangunan pelabuhan kenyamukan bakal rampung sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Sehingga bisa segera difungsikan sebagaimana mestinya.

Kepala Dishub Kutim Joko Suripto

“Pemerintah telah menyediakan anggaran Rp 115 milyar untuk melanjutkan pembangunan Pelabuhan Kenyamukan yang sekarang berganti nama Pelabuhan Kudungga, di Sangatta Utara,” kata mantan Kabag Tata Pemerintahan Setkab Kutim ini.

Dijelaskan, rencana proyek kelajutan pelabuhan itu mencakup tiga sub kegiatan. Yakni meliputi pembangunan causeway, pembangunan gedung sisi darat, serta reklamasi.

Karena proyek ini menggunakan skema tahun jamak,  pengerjaannya berlangsung hingga akhir tahun 2024 sesuai dengan masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati. Karena merupakan proyek tahun jamak, anggaran tidak diberikan secara menyeluruh.

Meskipun tersisa waktu sekitar satu tahun, Joko tetap yakin bahwa pekerjaan akan berjalan sesuai dengan harapan dan dapat selesai tepat waktu. “Kami tetap optimis bahwa proyek ini akan selesai sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Jika proyek tahun depan selesai tepat waktu, diharapkan pelabuhan dapat beroperasi tahun berikutnya. Saat ini, pembangunan jalan menuju pelabuhan juga sedang dilakukan. Pembangunan jalan ini menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan merupakan bagian dari proyek tahun jamak pemerintah pusat.

“Untuk pembangunan jalan menggunakan dana CSR, sudah berjalan. Sedangkan pembangunan jalan akses menuju pelabuhan juga akan dilakukan tahun ini hingga tahun depan karena merupakan proyek tahun jamak,” jelasnya. (adv)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.