ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pemdes Batuah Gelar Lomba Fashion Daur Ulang

November 14, 2023 by  
Filed under Kutai Kartanegara

Share this news

BATUAH – Pemerintah Desa (Pemdes) Batuah terus mengedukasi dan mengkampanyekanwarga tentang upaya mengurangi sampah di lingkungan Desa Batuah. Salah satunya dengan menggelar lomba Fashion Daur Ulang yang dihelat di Gedung Balai Pertemuan (BPU) Desa Batuah, Senin (13/11/2023).

Lomba tersebut dilaksanakan dengan harapan bisa menjadi ajang untuk sosialisasi pemanfaatan sampah, sehingga sampah bekas di Desa Batuah tidak lagi dipandang tak bernilai, namun bisa dijadikan menjadi karya yang memiliki nilai dan dapat mendatangkan pundi-pundi rupiah. “Kalau warga diajak dengan cara yang asyik, lebih gampamng diterima dan lebih banyak yang berminat,” kata kepala Desa Batuah saat memberikan sambutan.

Rasyid menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan lomba ini. Menurutnya lomba ini sangat bermanfaat dan memiliki makna yang luar biasa sekali. Pasalnya, lomba ini juga menjadi wadah sosialisasi untuk menanamkan kesadaran diri kepada masyarakat bahwa lingkungan merupakan tanggung jawab bersama.

“Lomba daur ulang sampah merupakan satu wujud dan tanggung jawab kita kepada lingkungan,” sambungnya

Sementara itu, Agus Priyono salah satu juri menyampaikan, banyak peserta yang secara tampilan sangat baik, namun bahan yang dipakai masih tergolong bukan sampah bekas, sehingga dinilai keluar dari kriteria yang diharapkan dari lomba yang diadakan. “Kalau bahannya baru, malahan akan menambah sampah. Padahal, kita ingin mengurangi sampah, sehingga volume sampah akan berkurang dari tahun ke tahun,” ungkapnya.

Agus menambakan, lomba daur ulang sampah, peserta diwajibkan menciptakan inovasi baru, dan yang paling terpenting adalah keindahan karya, kreativitas dan estetika, ketahanan. “Kami ingin karya yang bisa memberi inspirasi dan manfaat. Lomba ini menjadi ajang kampanye mengurangi sampah,” tutupnya. Z(adv diskominfo Kukar)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.