ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pemkab dan DPRD Sepakati Penetapan Propemperda Kubar 2022

November 15, 2021 by  
Filed under Serba-Serbi

Share this news

SENDAWAR – Rapat paripurna DPRD Kabupaten Kutai Barat (Kubar) menyepakati Penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kubar Tahun 2022 di ruang sidang utama DPRD Sendawar, Senin pagi (15/11/2021).

Rapat Paripurna XVI masa sidang III Tahun 2021 dipimpin Ketua DPRD Kubar, Ridwai didampingi Wakil Ketua I DPRD Kubar, H Ahmad Syaiful Acong dan dihadiri 19 dari 25 orang anggota DPRD Kubar.
Sementara itu, Bupati Kubar FX Yapan diwakili Wakil Bupati H Edyanto Arkan didampingi Sekdakab, Ayonius.

Ketua DPRD Ridwai menjelaskan, kewenangan DPRD dan Pemkab dalam merancang dan menyusun peraturan daerah. Karena hal itu diperlukan untuk mengatur segala tata kehidupan masyarakat.

“Pengusulan Propemperda ini sangat diperlukan. Karena merupakan instrumen perencanaan pembentukan Peraturan Daerah yang disusun secara terencana, terpadu dan sistematis,” kata Ridwai.

Dikatakan Ridwai, pengusulan Propemperda ini adalah daftar raperda yang diusulkan karena belum atau tidak terdaftar dalam Propemperda Kabupaten pada tahun berjalan dan diusulkan dalam keadaan tertentu.

“Pembentukan Produk Hukum Daerah, DPRD dan pemerintah dapat mengajukan Raperda melalui Propemperda, karena adanya urgensi atau suatu rancangan Perda,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati FX Yapan dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Bupati H. Edyanto Arkan menyampaikan penyusunan Propemperda merupakan pelaksanaan amanat Pasal 151 UU RI Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah. Sebagaimana telah diatur dalam UU Nomor 12 Tahun 2011.

Ia mengatakan, pentingnya persetujuan bersama pemerintah dan DPRD dalam penyusunan Propemperda tersebut, dalam rangka untuk percepatan proses pembangunan daerah, sebagaimana tertuang dalam Visi-Misi Pembangunan Kabupaten Kutai Barat 2021-2024.

“Pemkab berterima kasih kepada DPRD Kubar yang telah menyiapkan pembentukan Propemperda bersama tim Pemkab. Semoga kerjasama DPRD dan pemerintah ini dapat dilanjutkan pada tahap penting penyelenggaraan otonomi daerah,” ungkap Edyanto Arkan.

Dalam penetapan Propemperda Kubar Tahun 2022, diusulkan 24 rancangan perda Kabupaten Kubar. Diantaranya ada beberapa perda yang akan diusulkan untuk di tunda. (arf)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.