ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pemkab Kutim Diminta Tingkatkan PAD Melalui Sektor Kelapa Sawit

November 15, 2021 by  
Filed under Kutai Timur

Share this news

SANGATTA – Pemkab Kutim diharapkan bisa meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) melalui sektor kelapa sawit. Sebab, selama ini sektor perkebunan kelapa sawit yang menjadi program unggulan Pemkab Kutim belum tersentuh dalam pemasukan bagi daerah.

Ketua DPRD Kutim, Joni

“Jika potensi ekonomi sektor kelapa sawit ini bisa dimaksimalkan, tidak menutup kemungkinan PAD Kutim bisa bertambah lagi. Salah satu upayanya adalah mendorong restribusi perusahaan kelapa sawit, agar bisa meningkatkan PAD Kutim,” kata Letua DPRD Kutim, Joni Jumat (11/11/2021).

Menurut Joni, selama ini truk pengangkut CPO melintasi jalan pemerintah. Hal itu jelas bisa mengakibatkan kerusakan dalam jangka waktu lama. Namun kontribusi untuk pembangunan dinilai belum maksimal, sehingga perlu dicarikan alternatif agar ada pemasukan bagi daerah ini, demi peningkatan pembangunan ke depan.

“Selama ini, truk pengangkut CPO melintasi jalan yang dibangun pemerintah, jelas nanti kerusakan akan di tanggung oleh pemerintah,” jelas Anggota Fraksi partai berlambang Ka’bah tersebut.

Ditambahkan Joni, tidak hanya memberikan PAD bagi daerah, namun di sisi lain, perusahaan sawit juga memberikan peluang kerjasama dengan masyarakat terkait pengangkutan CPO. Sehingga dampak ekonomi bisa dirasakan masyarakat secara langsung.

“Secara tidak langsung, perusahaan kelapa sawit bisa menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar,” bebernya. (adv)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.