ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pulau Balikukup Terancam Abrasi

November 5, 2020 by  
Filed under Berau

Share this news

ABRASI: Wakil Gubernur Kaltim Hadi MUlyadi melakukan peninjauan di Pulau Balikukup yang terancam abrasi

TANJUNG REDEB – Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi bersama Pjs Bupati Berau dan sejumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), menyusuri bibir pantai Pulau Balikukup, Batu Putih. yang abrasi. Wagub pun meninjau kegiatan yang dikerjakan di sana untuk penanganan abrasi. Saat ini, sudah dibangun pemecah ombak (breakwater) di sejumlah titik yang dianggap rawan, Kamis (5/11/2020)

Dalam kunjungan itu diketahui, beberapa rumah warga terdampak abrasi. Beberapa pohon kepala milik warga pun tumbang. Warga bersama pemerintah kampung pun melakukan upaya penanganan darurat agar abrasi tidak terus meluas.

Rumah warga pun ada yang dipindahkan setelah sebelumnya ambruk dihantam ombak. Abrasi di RT 3 diperkirakan mencapai 30–40 meter. Berbeda dengan wilayah RT 2 yang baru beberapa rumah terkena dampak abrasi.

Ketika air pasang besar atau angin selatan, rumah-rumah di bibir pantai dihantam gelombang. Selain rumah-rumah penduduk Balikukup, yang juga turut terancam abrasi adalah aset pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) bernilai Rp10 miliar yang merupakan hibah dari Kementerian ESDM. Pasalnya, gedung operator dan pagar PLTS dengan daya 100 kilowatt-peak (kWp) tersebut tinggal berjarak 2 meter saja dari laut ketika air pasang.

Wagub Hadi Mulyadi berharap Pemkab Berau serius menangani abrasi pulau tersebut. Harapannya, apa yang dilakukan untuk pencegahan bisa berjalan dengan efektif. (vbb)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.