ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Wabup Kukar Serahkan Rombong Jajak Keroncong Di Desa Teluk Dalam

November 25, 2023 by  
Filed under Kutai Kartanegara

Share this news

Teluk Dalam – Melewati Desa Teluk Dalam untuk melakukan perjalanan ke Samarinda maupun arah sebaliknya menuju Tenggarong. Jajak (Kue) Keroncong banyak mewarnai di area pinggir jalan Desa Teluk Dalam Tenggarong Seberang. Kue Keroncong sangat populer di kalangan orang yang melewati Desa Teluk Dalam tersebut. Banyak yang hanya tidak sekedar lewat namun singgah untuk membeli dan mencicipi legit manis gurihnya Kue Keroncong.

Agar Kue Keroncong tertata dan manis dilihat mata bagi yang lewat pasti ingin singgah untuk membeli, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Koperasi dan UKM (Diskop dan UKM) Kukar menyalurkan bantuan 42 rombong Jajak Keroncong kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Jajak Keroncong yang berjualan disepanjang jalan Desa Teluk Dalam diserahkan oleh Wakil Bupati Kukar H Rendi Solihin, Jumat (24/11/23).

Wakil Bupati Kukar H Rendi Solihin mengatakan eksistensi Jajak Keroncong sebagai kue pembuka disaat mau memasuki Tenggarong harus terus dipertahankan keberadaannya. Jajak Keroncong sebagai unggulan kuliner di daerah Desa Teluk Dalam yang merupakan daya tarik tersendiri ketika melewati Desa Teluk Dalam Tenggarong Seberang.

“Rombong Keroncong ini diberikan agar para pelaku UMKM Jajak Keroncong bisa tertata rapi dan enak dilihat mata dan secara bertahap ini akan segera ditata dengan baik”,ungkap Rendi.

Kedepannya kata Rendi, ada PR bagi Diskop dan UMKM Kukar sesuai dengan permintaan para pelaku UMKM Jajak Keroncong agar bisa memberikan bantuan kompor dan alat pengaduk adonan kue pada bantuan tahun berikutnya.

“Ini salah satu dari 23 program Kukar Idaman yang telah berjalan untuk terus memajukan para pelaku UMKM Kukar. Selain itu Kukar Idaman juga memberikan bantuan kredit nol persen bagi para pelaku usaha, jika ada yang memerlukan dana tambahan untuk memajukan jualannya bisa mengajukan kredit dan ini tidak ada agunan dan bunga tentunya”,ajak Rendi.

Dikatakan Rendi, Pemkab kukar akan terus mengangkat keberadaan para pelaku UMKM dimana pun berada. Untuk itu melalui Kukar kaya Festival di setiap kecamatan di Kukar akan mengangkat keberadaan para pelaku UMKM, melalui acara tersebut para UMKM akan mendapatkan manfaatnya.

“Semoga ini akan menambah semangat para pelaku UMKM untuk terus berusaha dalam meningkatkan taraf perekonomiannya”,pungkas Rendi.

Sementara Kabid Pemberdayaan Usaha Mikro Diskop dan UKM Kukar Dianto Raharjo mengatakan pihaknya memfasilitasi legalitas usaha bagi para pelaku UMKM di Desa Teluk Dalam Tenggarong Seberang.

“Para pelaku usaha wajib mempunyai legalitas usaha, PIRT dan sertifikat halal. Kami juga membantu dan mengusahakan para pelaku UMKM bisa mendapatkan legalitas usaha tersebut”,ujarnya.

Diharapkan melalui bantuan rombong tersebut para pelaku UMKM Kue atau Jajak Keroncong Di Desa Teluk Dalam bisa lebih banyak omzet pendapatannya dan terus semangat dalam berusaha.(kk06)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.