ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Petani Mulai Siapkan Gerakan Tanam Serentak

December 2, 2015 by  
Filed under Agrobisnis, Berita

Share this news

SAMARINDA – Petani di seluruh wilayah Kaltim mulai mempersiapkan gerakan tanam serentak seiring telah memasuki musim penghujan. Gerakan ini dimaksudkan untuk mengejar peningkatan produksi padi menutupi kekurangan produksi selama musim kemarau.Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan (PTP) Kaltim, Ibrahim mengatakan petani yang sudah menyiapkan utamanya di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Paser, Kutai Kartanegara, dan kabupaten/kota lain yang menjadi sentra pengembangan pertanian tanaman pangan dan siap melakukan gerakan tanam serentak.

“Kita bersiap melakukan gerakan tanam. Sekarang petani sudah mulai melakukan persiapan untuk kegiatan tanam padi secara serentak. Mudahan musim hujan terus menerus,” kata Ibrahim, Rabu (2/12).

Menurut Kadis yang saat ini juga menjabat sebagai Pj Bupati Paser ini, gerakan tanam serentak dilakukan seiring memasuki musim penghujan karena ketersedian air menjadi kunci sukses pengembangan pertanian dalam rangka meningkatkan luasan tanam dan hasil produksi.

Menurutya, sasaran program upaya khusus (Upsus) yang dicanangkan secara nasional bekerjasama dengan pemda dan TNI mewujudkan swasembada pangan tidak akan membuahkan hasil optimal tanpa dukungan ketersedian pasokan air memadai.

Dijelaskan Ibrahim, sekalipun sudah ada infrastruktur pertanian sarana irigasi tersier dan skundernya jika debit airnya kurang tetap menyulitkan petani. Lain hal kalau musim penghujan, petani bisa mengatur kebutuhan pengairannya dengan infrastruktur pertanian yang tersedia.

Sedangkan dampak pelaksanaan Upsus di Kaltim, Ibrahim menyebutkan berdasarkan data statistik angka ramalan produksi 2015 menunjukan ada kenaikan produksi terutama padi, jagung dan kedelai.

“Khusus padi hampir 35 ribu ton yang bisa naik dari musim tanam sebelumnya tahun 2014. Diharap terus naik dan maju terus program upsus,” ujarnya.(rif/yul)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.