ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Wali Kota Batu Kukuhkan FPRB Antisipasi Dampak Bencana

December 15, 2021 by  
Filed under Serba-Serbi

Share this news

Wali Kota Batu mengukuhkan Forum Penanggulangan Resiko Bencana

BATU – Walikota Batu Dewanti Rumpoko, bergerak cepat membentuk Forum Penanggulangan Resiko Bencana ( FPRB ) untuk mengantisipasi bencana lanjutan di Kota Wisata Batu. Sebelumnya, bencana banjir bandang di Batu,  (4/11/2021) lalu sangat menimbulkan luka mendalam.

Dikatakan Wali Kota, pembentukan FPRB merupakan peran masyarakat dalam memberikan informasi dini dan keikutsertaannya dalam menangani bencana. Hal ini nar sangat diharapkan Pemda.

“Kota Batu sudah merasakan bagaimana rasanya terkena musibah bencana. Belum lagi beberapa daerah di Indonesia juga mengalami seperti erupsi Semeru dan disusul Gempa bumi di Larantuka NTT “ ungkap Walikota Dewanti ketika mengukuhkan pengurus Forum Penanggulangan Resiko Bencana (FPRB) masa bhakti 2021-2024 di salah satu Hotel di Batu, Rabu ( 15/12/2021).

Dewanti menyebutkan dampak bencana banjir bandang menelan 7 korban dan 9 rumah harus diperbaiki. Berkat kegigihan relawan yang tidak mengenal lelah mampu membantu Pemda dalam mengatasi dampak bencana tersebut.

Dewanti mengucapkan terima kasih kepada para relawan, saat ini sudah mempunyai wadah yakni FPRB. Ia juga mengharapkan pengurus melakukan koordinasi dengan dinas terkait untuk melakukan sinkronisasi program, seperti dengan dinas PUPR, Dinas llingkungan hidup atau PDAM,

Forum harus mampu memberi edukasi ke warga cara mengatasi bencana dan langkah mengantisipasinya. Dewanti berharap forum tidak bergerak jika ada kejadian atau peristiwa bencana saja. Karena itu FPRB harus melakukan kerjasama dengan dinas untuk ciptakan kondisi aman seperti bekerja sama dengan dinas PUPR atau Dinas Lingkungan Hidup dengan melakukan gerakan menanam pohon atau pembersihan sungai.

“Dengan demikian, masyarakat akan tergugah untuk ciptakan kondisi yang aman dan mengerti jika ada bencana serta apa penyebabnya dan meminimalisir jumlah korban Mari kita ciptakan kota Batu lestari “ tambahnya.

Ketua Forum Penanggulangan Resiko Bencana (FPRB) Kota Batu Didin Darianto, usai pengukuhan menyebutkan, dalam waktu dekat pihaknya akan merapatkan pengurus dan anggota dalam menyusun program sesuai yang diinginkan Walikota Batu. Apalagi unsur kepengurusan FPRB lintas element seperti ada unsur Pemerintahan, Akademisi, Pelaku Usaha dan komunitas serta media bersatu.

“Kami akan merapatkan barisan dulu, sambil menyusun program sesuai yang  diinginkan Walikota.  Ini signal yang harus kita tangkap,” tegas Didin Darianto. (Buang Supeno)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.