ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Bupati Kukar Resmikan PLTS Komunal di Desa Liang Buaya

February 2, 2024 by  
Filed under Kutai Kartanegara

Share this news

MUARA KAMAN  – Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Komunal Off Grid, yang merupakan Program Dedikasi Terang Kampongku di Desa Liang Buaya Kecamatan Muara Kaman, Kamis (1/2/2024).

Peresmian ditandai pengguntingan pita, penandatanganan prasasti yang kemudian dilanjutkan peninjauan ke panel – panel PLTS.

Edi Damansyah menyebutkan pembangunan fisik PLTS ini sudah selesai tinggal pengoperasiannya, dan ini sangat penting, karena kalau pembangunan fisiknya dengan peralatannya relatif tidak sulit.

“Pengoperasian ini faktor penentunya adalah sumber daya manusia, saya terimakasih kepada adik – adik putra asli Liang Buaya yang telah dilatih, tinggal nanti manajemen pengelolaannya,” ujarnya.

Edi meminta untuk mengelola PLTS ini, karena sudah menjadi aset desa agar dimaksimalkan pengelolaannya sehingga keberadaan listrik tenaga surya ini bisa meringankan beban masyarakat akan kebutuhan listrik.

“Tolong dikelola ini, dimaksimalkan pengelolaannya, karena ini sudah menjadi aset desa,” pintanya.

Melalui implementasi PLTS Komunal, Edi berharap masyarakat di Desa Liang Buaya dapat menikmati akses listrik yang stabil dan tersedia sepanjang waktu, karena aliran listrik yang stabil akan membuka peluang-peluang baru dalam berbagai sektor ekonomi lokal, termasuk usaha mikro.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan memanfaatkan PLTS Komunal ini dengan sebaik-baiknya,” ajaknya.

Untuk diketahui program ini merupakan salah satu wujud nyata dari komitmen Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara untuk menyelesaikan permasalahan ketersediaan listrik di daerah pedesaan, yang fokus pada penyediaan listrik pedesaan melalui pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Komunal dengan sistem OFF-GRID. (kk01)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.