ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Bupati Kutai Kartanegara Tinjau Perkebunan Kakao

February 22, 2024 by  
Filed under Kalimantan Timur

Share this news

TENGGARONG -Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah melakukan monitoring perkebunan kakao masyarakat pada kelompok tani Lalut Isau di Desa Jonggon Desa Kecamatan Loa Kulu, Rabu (21/2/2024).

Menempuh jarak sekitar 40 kilometer dengan sepeda motor, Edi Damansyah dan rombongan melihat perkebunan kakao yang berada di dalam lokasi HTI usai meresmikan Rumah Cokelat Desa Budaya Lung Anai Kecamatan Loa Kulu.

Edi mengatakan, saat ini rumah produksi coklat sudah ada tinggal bagaimana menyiapkan pasokan bahan bakunya. Ia juga sangat senang saat melihat pasokan bahan baku kakao dan menurutnya ini hanya tinggal dipikirkan bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas buah kakao, karena selama ini hanya diurus secara alami aja.

“Saat ini rumah produksi sudah diresmikan dan harus dipikirkan juga pasokan bahan bakunya yaitu kakao,”imbuhnya.

Ia juga sangat mengapresiasi kegiatan para petani kakao ini dan ia menghimbau agar ini bisa di pertahankan dan lebih ditingkatkan.

“Tidak usah dulu memperluas perkebunan , yang terpenting saat ini adalah bagaimana meningkatkan kualitas produksi kakao tersebut agar produksinya bisa sesuai dengan standar,” pintanya.

Edi juga menjelaskan, perjuangan ini tak mudah perlu kerja keras seperti para orang tua dulu yang mencari kehidupan di tengah hutan dan tugas kita untuk melestarikan dan menjaga budaya tersebut. Ia yakin bahwa ini jika dikerjakan dan diusahakan akan menjadi tumpuan ekonomi keluarga.

“Dengan datang ke sini saya yakin ini dikelola dan menjadi tumpuan ekonomi masyarakat, tinggal diperbaiki pengelolaanya dan ia berjanji akan membantu memfasilitasi program meningkatkan kualitas baik itu pelatihan maupun bibit serta modal bagi para petani melalui kredit Kukar Idaman,” tegas Edi.

Selain itu, ia meminta kepada Dinas terkait untuk melakukan pendampingan dan tak lupa ia juga menjelaskan program Kredit Kukar Idaman bagi para petani dengan pinjaman hingga 50 dan juga dibayar pada saat masa panen.

Menurutnya masyarakat tak perlu khawatir , nanti melalui Dinas terkait Edi berjanji akan memberikan pelatihan dan mendatangkan para ahli untuk memberikan pelatihan-pelatihan agar bisa meningkatkan kualitas produksi.(kk08)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.