ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Libur Lebaran, Potensi Pendapatan Kota Batu Capai Rp 21,922 Miliar

April 27, 2023 by  
Filed under Serba-Serbi

Share this news

BATU –Selama libur lebaran, potensi pendapatan daerah mencapai Rp 2,170 miliar selama 7 hari. Prediksi ini dihitung dari pemasukan pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak parkir dan retribusi parkir, dengan okupansi hotel mencapai 70-85% dan potensi omzet pendapatan mencapai Rp 21,922 miliar.

PJ.Walikota Batu Aries Agung Paewai menyebutkan, hal tersebut berkat terkendalinya kondisi selama liburan yang merupakan kolaborasi dan sinergi semua elemen, khususnya pemerintah, Polri dan TNI, ormas dan juga peran serta seluruh masyarakat yang menjaga keamanan dan ketertiban saat berlalu lintas selama libur lebaran.

“Selama libur lebaran, saya bersama pimpinan OPD selalu berkeliling ke tempat wisata untuk memastikan pelayanan diberikan dengan baik. Alhamdulillah semua sudah berjalan sesuai yang diharapkan,” katanya, Rabu (26/4/2023).

Aries berharap, bukan hanya saat libur lebaran, namun saat akhir pekan dan juga agenda libur lainnya, pelayanan terhadap wisatawan agar terus ditingkatkan, sehingga wisatawan akan selalu ingin kembali dan menikmati keindahan Kota Batu.

Hasil Analisis dan Evaluasi Data ( Anev ) kegiatan selama libur lebaran, mulai 18 – 25 April 2023, jumlah kendaraan keluar masuk Kota Batu mencapai 786.309 unit.

Hal itu terpantau dari Intellegent Traffic System (ITS) dan jumlah kendaraan ini meningkat 27,30% dibanding hari libur biasa. Terpantau, puncak kepadatan terjadi pada tanggal 24 April 2023 dengan jumlah kendaraan mencapai 123.606 unit.

Pemerintah Kota Batu bersama Polres Batu telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi kemacetan arus balik. Upaya tersebut yaitu rekayasa dan manajemen lalu lintas, penempatan personil pada titik troublespot dan melakukan oneway sistem di jalan Moh Hatta, Ir Soekarno dan jalan Dewi Sartika.

Aries menuturkan jika selama libur lebaran tahun ini semua tertangani dengan baik, terutama arus kendaraan. Meskipun ada kemacetan tetapi tetap lancar dan terkendali. Termasuk kejadian lakalantas hampir tidak ada kejadian yang berarti alias nihil kejadian. (buang supeno)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.