ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Stres dalam Rumah Tangga, PUSPAGA Kukar  Siapkan Odah Bekesah

April 7, 2022 by  
Filed under Kutai Kartanegara

Share this news

TENGGARONG –  Kekerasan dalam rumah tangga menjadi problema besar dalam rumah tangga, bahkan dampak yang ditimbulkan pada korban bukan hanya secara fisik namun juga psikis. Penderitaan secara fisik, seksual, psikologis  atau penelantaran rumah tangga dalam kurun waktu yang lama dapat memberikan  ancaman untuk korban kembali menjadi pelaku KDRT karena adanya trauma yang tidak segera disembuhkan. KDRT yang dilakukan dalam lingkup rumah tangga memicu ketidakharmonisan hubungan baik dalam rumah tangga maupun lingkungan.

Menurut Kabid.Pemenuhan Hak Anak Dinas Pemberdaya Perempuan dan Anak (DP3A) Kabupaten Kutai Kartanegara   Hj. Rina Luthfiana, sangat penting parenting dalam keluarga dalam memberikan kesadaran masyarakat akan kesiapan menjadi orang tua.

“Pemerintah pusat sudah memiliki program PUSPAGA (Pusat Pembelajaran Keluarga) dengan sasaran para calon pengantin (CATIN), Anak, dan Keluarga. Psikoedukasi dimasyarakat,konseling keluarga,bahkan layanan rujukan permasalahan keluarga,” katanya, Kamis (7/4/2022)

Kegiatan ini juga didukung oleh pemerintah daerah Kukar dalam inovasi dalam kegiatan RaGa PanTas dalam kegiatan mendukungan penurunan jumlah stunting yang berkolaborasi dengan berbagai stackholder terkait.

Dikatakan Rina, DP3A juga memiliki Seketariat PUSPAGA “Odah Bekesah” yang beralamat di Jalan Wolter Mongonsidi komplek perkantoran Bupati Gedung D lantai 2. Odah Bekesah yang dimaksud dalam hal ini bertujuan memberikan wadah untuk meningkatkan kapasitas keluarga,anak dan orang tua (ibu dan bapak) dalam pola asuh dan tumbuh kembang anak. Sehingga dapat menciptakan pasangan yang harmonis dan mencegah terjadinya permasalahan dalam rumah tangga.

Titik Maisyaroh, pembimbing kemasyarakatan ahli muda bidang Pemenuhan Hak Anak DP3A berharap PUSPAGA Kukar mampu menjadi layanan satu pintu yang holistic,intergratif, dan berbasis Hak Anak yang dilakukan oleh tenaga ahli seperti Psikolog yang memiliki sertifikasi yang memadai.

“Sosialisai PUSPAGA lebih pada layanan parenting,sehingga masyarakat dapat memahami kondisi rumah tangga yang dimiliki dengan beragamnya permasalahan yang mucul,” kata wanita yang pernah bertugas di Dinas Pendidikan kukar ini.

Pada tahun 2020 kegiatan sosialisasi dilakukan di 3 desa dengan jumlah peminat 150 orang. Selanjutnya, tahun 2021 dilakukan di 2 desa, namun karena kondisi saat itu adanya batasan terkait covid maka yang hadir hanya sekita 50 orang. Lemudian tahun 2022 DP3A berencana bekerjasama deng PKK kecamatan pada lokus Stunting.

Titi berharap, masyarakat dapat menjadi lebih bijaksana ketika menghadapi masalah yang ada dalam rumah tangga. Dengan adanya odah bekesah masyarakat yang mengalami kendala rumah tangga yang berkaitan dengan kelangsungan hidup dan perkembangan anak dapat dating konsultasi di DP3A.

“Setiap senin-rabu pelayanan dilakukan pada pukul 08.00-16.00 wita dan dihari jum’at pada pukul 08.00-11.00,atau dapat menghubungi no.sekertariat odah bekesah 0812-5387-1069,”tambah Titik.(Ria)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.