ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Gerakan Merdeka Belajar Bawa Perubahan di Indonesia

May 2, 2023 by  
Filed under Serba-Serbi

Share this news

BATU – Gerakan Merdeka Belajar dinilai mampu membawa perubahan besar dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia selama tiga tahun terakhir. Hingga saat ini, Kemendikbudristek telah mengumumkan sebanyak 24 episode Merdeka Belajar.

“Para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Mengajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku, sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka,” PJ. Walikota Batu Aries Agung Paewei pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)  di halaman Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Selasa (2/5/2023).

Aries Agung Paewei yang membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia menyebutkan gerakan Merdeka Belajar menjadi sejarah baru dalam pendidikan di Indonesia. Peringatan Hardiknas setiap 2 Mei, merupakan momen penting bagi warga negara Indonesia untuk menghargai peran pendidikan dalam pembangunan bangsa.

Aries juga menyebutkan, saat ini siswa dapat belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara holistik oleh gurunya sendiri. Sementara kepala sekolah dan kepala daerah yang kesulitan memonitor kualitas pendidikannya. Apalagi kini dapat menggunakan data Asesmen Nasional di Platform Rapor Pendidikan untuk melakukan gperbaikan kualitas layanan pendidikan.

Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam, untuk mengembangkan karakter dan kompetensi. Seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun saat ini lebih fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar. Kemudian dari segi pendanaan, pencairan langsung dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke sekolah, pemanfaatannya juga lebih fleksibel dan telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Sebagai puncak peringatan Hardiknas dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan. Diantaranya seperti flashmob dan marching band oleh para pelajar Kota Batu.

Upacara Hardiknas diikuti  Forkopimda Kota Batu, Sekretaris Daerah Kota Batu, Asisten dan Staf Ahli, Kepala OPD di lingkungan Pemkot Batu, ASN dan TKD, Guru/Tenaga Pendidik, Satpol PP, serta para pelajar tingkat SD, SMP dan SMA di Kota Batu. Tema Hardiknas tahun ini adalah “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”.  (Buang Supeno/adv)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.