ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Polres Kubar Grebek Aktivitas Tambang Koridoran di Bentas Siluq Ngurai Kubar

May 9, 2023 by  
Filed under Berita

Share this news

SENDAWAR –Satreskrim Polres Kutai Barat (Kubar) Provinsi Kaltim, menggerebek lokasi tambang batubara yang diduga ilegal. Adapun lokasi penggrebekan tambang koridoran itu di wilayah Kampung Bentas, Kecamatan Siluq Ngurai, pada Sabtu (6/5/2023).

Kapolres Kubar AKBP Heri Rusyaman, melalui Kasat Reskrim AKP Asriadi membenarkan adanya pengrebekan tambang ilegal tersebut. Hal itu berdasarkan laporan dari PT. ARI yang merasa dirugikan akibat pertambangan batu bara di areal kerjanya.

“Ada 5 orang yang saat ini ditetapkan jadi tersangka dalam kasus tersebut. Awalnya kita mendapat laporan dari manajemen PT ARI yang merasa dirugikan, karena lahan sawit mereka di serobot oleh tambang batubara ilegal,” cetus AKP Asriadi kepada wartawan saat dikonfirmasi Selasa (8/5/2023).

Selain 5 pelaku yang ditetap sebagai tersangka. Polisi juga menyita sejumlah barang bukti berupa sejumlah unit alat berat dan juga tangki minyak berisi BBM jenis Solar, serta peralatan kerja milik tambang ilegal.

“Selain tersangka polisi juga mengamankan barang bukti dan melakukan polisline di lokasi tambamg batubara ilegal,” jelasnya.

Polisi saat ini sedang dalami apa saja peran 5 orang tersangka di dalam tambang ilegal tersebut.

Sebelumnya, beredar video berdurasi 27 detik yang diunggah oleh salah satu akun tiktok @alfiansyah761 memperlihatkan situasi saat penggerebekan oleh polisi di lokasi tempat kajadian.

Dari keterangan video yang beredar, ditulis @alfiansyah761 (Koridor vs Sawit lokasi Kampung Bentas, Kecamatan Siluq Ngurai, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia, Ayo viralkan semoga cepat di proses.(arf)


Share this news

Respon Pembaca

4 Komentar untuk "Polres Kubar Grebek Aktivitas Tambang Koridoran di Bentas Siluq Ngurai Kubar"

  1. Jumika on Wed, 10th May 2023 5:50 am 

    Mendukung tindakan kepolisian,lanjutkan🙏🙏

  2. Andono on Wed, 10th May 2023 7:34 am 

    MENUNGGU BERITA TINDAKAN SELANJUTNYA Setelah DIGEREBEK.

  3. Andono on Wed, 10th May 2023 7:37 am 

    BACKING oknum aparat atau lainnya BUKA secara TRANSPARAN.

  4. Beni Juan on Thu, 11th May 2023 2:59 am 

    Buah simalakama. Satu sisi cukup lumayan kehadiran koridoran dalam hal penyerapan tenaga kerja, khususnya masyarakat sekitar. Namun yang jelas namanya tambang ilegal ya barang tentu banyak ruginya bagi masyarakat yang diuntungkan adalah cukong, pengelola, dan backingannya. Contoh ratusan pengguna jalan umum tergangu akibat jalan rusak oleh koridor bahkan menelan korban laka, dan tentulah tidak sebanding pajak yang diserahkan dengan dampak dilapangan “itupun jika ada pajak yang dinikmati masyarakat umum”. Ini baru beberapa poin, intinya Bravo kepada pihak berwenang menertibkan tambang ilegal, dan TIDAK SETUJU namanya ILEGAL.

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.