ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Kaltim Halal Festival 2024 Tingkatkan Literasi Ekonomi Keuangan Syariah dan Perluas Ekosistem Halal

June 2, 2024 by  
Filed under Kalimantan Timur

Share this news

SAMARINDA РRangkaian Kaltim Halal Festival (KalaFest) 2024 yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur menghasilkan capaian yang positif dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Kalimantan Timur (Kaltim). Closing ceremony pada Jumat, 1 Juni 2024 di atrium utama BigMall Samarinda dihadiri Sekda Kaltim Sri Wahyuni, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kaltim, jajaran Forkopimda Kaltim dan Kota Samarinda, anggota Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Kaltim,  pelaku industri keuangan syariah, akademisi hingga masyarakat umum.

KalaFest digelar dengan agenda utama yakni meningkatkan awareness dan literasi  terhadap potensi ekonomi dan keuangan syariah (eksyar), mendorong perluasan halal value chain, serta platform promosi produk halal dan terkurasi dalam dua agenda utama yaitu sharia conference dan sharia expo yang berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai 30 Mei hingga 1 Juni 2024.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Timur, Budi Widihartanto menyampaikan apresisasi atas dukungan dari seluruh pihak yang telah menyukseskan kegiatan KalaFest 2024. Kolaborasi bersama KDEKS dan Pemerintah Provinsi Kaltim dilakukan untuk mendiseminasikan berbagai kebijakan dan isu-isu terkini terkait eksyar dan peningkatan awareness masyarakat terhadap perluasan halal value chain.

Capaian transaksi dalam sharia expo termasuk Business Matching tercatat Rp1,36 milyar dengan jumlah pengunjung mencapai 74.325 orang. Sementara, sharia conference diikuti oleh 5.557 peserta dari seluruh Kalimantan Timur. Lebih lanjut indeks pemahaman peserta terhadap ekonomi dan keuangan syariah dalam kegiatan berada pada rata-rata 89 per 100, sementara pengajuan SEHATI sebanyak 220 aplikasi.

Pemerintah Provinsi Kaltim sebagaimana disampaikan Ibu Dra. Sri Wahyuni, MPP, menyambut dengan sangat baik kolaborasi dan sinergi untuk mendorong perkembangan ekonomi dan keuangan syariah. Ibu Dra. Sri Wahyuni, MPP menyebutkan pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur pada Triwulan I mencapai 7.23% dengan harapan pertumbuhan tersebut serta kedepannya, terdapat bagian yang berasal dari ekonomi syariah, karena ekonomi syariah menyongsong keadilan dan kemasalahatan Umat. Selain itu, pemahan ekonomi syariah juga harus terus ditingkatkan agar masyarakat semakin familiar dengan ekonomi syariah.

Adapun pada KalaFest telah di-launching Gerakan Wakaf Kaltim melalui Aplikasi Satu Wakaf Indonesia yang merupakan proyek wakaf pertama di Kawasan Timur Indonesia yang berhasil onboard pada Aplikasi Satu Wakaf Indonesia, peluncuran digitalisasi ZIS (QRIS Drive Thru) di 3 (tiga) masjid di Kalimantan Timur, serta inisiasi Zona Kuliner Halal Aman dan Sehat (Zona KHAS) pada Wisata Belanja Islamic Centre Samarinda.

Ke depan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Timur terus bersinergi dan berkolaborasi dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah terutama penguatan halal value chain, peningkatan literasi masyarakat, serta perluasan dan pemanfaatan akses keuangan syariah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Kalimantan Timur secara inklusif dan berkelanjutan. (**)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.