ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Sekolah Binaan PT Karyanusa Eka Daya Budayakan Sekolah Anti Perundungan dan Ramah Anak

June 3, 2024 by  
Filed under Serba-Serbi

Share this news

Bullying satu kata yang seringkali kita dengar dan tidak asing bagi kita. Bullying dalam Bahasa Indonesia berarti perundungan atau penindasan. Bullying adalah segala bentuk penindasan atau kekerasan, yang dilakukan secara sengaja oleh satu orang atau kelompok yang lebih kuat.

Tujuan dari bullying adalah untuk menyakiti orang lain dan dilakukan terus menerus. Peristiwa bullying seringkali terjadi di sekolah, rumah, tempat kerja, masyarakat, sampai dunia maya. Aktivitas bullying terjadi tidak berdasarkan pada umur dan jenis kelamin. Bullying akan berdampak buruk pada kesehatan mental dan fisik  terutama pada anak-anak dan remaja.

Untuk mencegah Bullying di sekolah tentulah Guru berupaya dengan berbagai cara agar bullying tidak terjadi di sekolah, sehingga sekolah menjadi salah satu tempat yang aman dan nyaman untuk peserta didik. Berbagai upaya yang dapat dilakukan diantaranya adalah dengan mengadakan kampanye Anti Bullying atau Sosialisasi Anti Bullying.

TK Tunas Harapan PT Karyanusa Eka Daya (KED) sebagai satu satunya Lembaga PAUD yang berada di lingkungan Perkebunan PT KED turut ikut andil dalam mencegah terjadinya bullying di sekolah. Tepatnya pada Hari Jum’at, 10 Mei 2024 TK Tunas Harapan mengadakan Kampanye Anti Bullying, dengan kegiatan mewarnai gambar Anak Berkarakter Anti Bullying. Kegiatan lain juga rutin diadakan oleh sekolah misalnya, nonton bareng video edukasi anti perundungan, lagu sayangi teman, dan pembiasaan lain untuk meningkatkan rasa saling menyayangi antar sesama. Berbagai kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan budaya anti perundungan di TK Tunas Harapan.

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk menanamkan pemahaman sejak dini kepada peserta didik bahwa kita harus saling menyayangi dan menghargai sesama.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik TK Tunas Harapan Kelompok A dan Kelompok B, berjumlah 156 peserta.

Hasil dari kegiatan ini, diperolah 21 peserta didik dengan hasil mewarnai yang bagus dan mendapatkan apresiasi dari TK Tunas Harapan, dan yang tidak kalah penting peserta didik lebih memahami perlunya saling menyayangi sesama teman di sekolah maupun dilingkungan rumah.

Harapan kedepannya semoga peserta didik TK Tunas Harapan menjadi generasi penerus yang berkarakter positif, cinta damai dan bersatu. (*)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.