ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pawai Obor Meriahkan Penyambutan 1 Muharram 1445 H di Tenggarong

July 19, 2023 by  
Filed under Kutai Kartanegara

Share this news

TENGGARONG–  Penyambutan tahun baru Islam 1 Muharram 1445 H di Tenggarong Kutai Kartanegara (Kukar) dimeriahkan dengan pawai obor, Selasa (18/7/23) malam.

Pawai obor yang diikuti ratusan siswa dan santri tingkat SD/MI – SMP/MTs – MAN tersebut dilepas  Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kukar Dendy Irwan Fahriza di depan Pendopo Odah Etam, Tenggarong.

Kemeriahan iring – iringan santri dan siswa dengan obor menyala sambil ber shalawat itu melintasi jalan depan Museum Mulawarman, Jembatan Bongkok, kemudian melintasi kediaman Sultan HAM Salehoeddin II (alm), lalu berbelok ke jembatan besi untuk menuju finish di Masjid Agung Sultan Sulaiman.

Kabag Kesra Kukar Dendy mengatakan, selain pawai obor menyambut 1 Muharram pihaknya juga mengelar pengajian, maulid Habsyi, tausiyah serta penampilan talen muda untuk berpidato dan puisi dengan tema Millenial Hijrah.

Dendy berharap tahun baru Hijriyah ini menjadikan momentum hijrah khususnya bagi pemuda untuk lebih baik lagi kedepan, baik dari sisi spiritual maupun sosial ekonomi.

Sementara, Bupati Edi Damansyah melalui Asisten I Setda Kukar Akhmad Taufik Hidayat menyampaikan, memaknai tahun baru Islam, hendaknya patut dijadikan sebagai momentum untuk mentransformasi diri, dengan meletakkan niat serta harapan-harapan terbaik agar di tahun yang baru ini Allah memberikan keberkahan yang melimpah untuk semua.

“Malam ini menjadi momentum terbaik bagi kita semua untuk merenung, bertafakkur, dan meletakkan niat dengan bersungguh-sungguh guna meningkatkan daya spiritualitas diri dan perbaikan kualitas Iman dan takwa di dalam diri sanubari kita masing-masing,” ujarnya di halaman Masjid Agung Sultan Sulaiman Tenggarong setelah menyambut kedatangan peserta pawai obor.

Peningkatan ketakwaan dan keimanan akan membantu dalam menjalani kehidupan sehari-hari dengan penuh kesadaran akan peran sebagai hamba Allah SWT. Melalui pembinaan mentalitas keagamaan dan keislaman, dapat menciptakan masyarakat yang beradab, santun, dan saling menghormati satu sama lain.

Upaya pembangunan sumber daya insani yang beriman dan bertaqwa, perlahan telah dilakukan oleh Pemkab Kukar dengan merealisasikan berbagai Program Dedikasi Kukar Idaman, antara lain Gema (Gerakan etam mengaji) Kukar Idaman dan Kukar Berkah. Gema Kukar Idaman ditujukan untuk memperkuat nilai-nilai keagamaan dalam proses pembangunan manusia yang unggul, produktif dan modern tanpa meninggalkan nilai-nilai Ketuhanan. Selai itu juga siap bersaing di pentas dunia global, dengan memperkuat lembaga-lembaga keagamaan, penyediaan rumah-rumah ibadah yang representatif, dan mewajibkan sekolah untuk memasukkan tambahan pelajaran mengaji bagi siswa SD dan SMP sederajat. Kemudian merehabilitasi rumah ibadah minimal 50 rumah ibadah pertahun. Adapun Kukar Berkah adalah rumah besar pengentasan kemiskinan yang berbasis tempat ibadah. Pemkab Kukar menyalurkan bantuan kepada masyarakat miskin yang berdomisili di sekitar masjid untuk dibantu meningkatkan kesejahteraannya.(kk04)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.