ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

Pemda Kubar Lepas Kepergian Vino

August 2, 2021 by  
Filed under Berita

Share this news

SENDAWAR – Bupati Kutai Barat FX. Yapan bersama Wakil Bupati H. Edyanto Arkan, Dandim 0912/Kbr Letkol Kav. Yudi Prasetyo Purnomo, M.I Pol, Kapolres AKBP. Irwan Yuli Prasetyo, S.Ik. melepas kepergian Vino menuju Kabupaten Sragen Jawa Tengah, di lobi Kantor Bupati Kubar, Minggu (1/8/2021).

Vino anak yatim piatu yang ditinggal kedua orang tuanya meninggal dunia karena covid 19, kini diambil kedua kakek dan nenek dari Sragen yang diwakili pak De dan Ibu De nya, didampingi Dinsos Srangen menjemput Vino untuk kembali pulang ke kampung halaman kedua orang tuanya di Jawa Tengah.

Yapan menyampaikan, atas nama pribadi dan juga pemerintah Kubar mohon maaf yang sebesar besarnya kepada pihak keluarga adik Vino dan juga perwakilan Dinsos Sragen yang sudah bersusah payah menjemput Vino ke Kubar untuk di bawa pulang ke Sragen, Jawa Tengah.

“Saya selaku kepala daerah mengutus Kepala Dinas Kesehatan, Sosial dan Pendidikan untuk selalu memantau keadaan Vino,”kata FX. Yapan seraya meneteskan air mata karena terharu.

Ia menyampaikan, Vino memang sudah selesai melakukan isolasi mandiri. Namun demikian, secara harus terus dikontrol karena Vino belum mengerti apa apa dan masih berusia 9 tahun serta perlu bimbingan dari semua pihak.

“Jika pihak keluarga mengijinkan saya siap mengasuh Vino dan menjadikannya anak angkat saya,”ujar FX. Yapan.

Ditanya terkait pendidikan Vino, Yapan mengatakan Pemda Kubar siap mananggung biaya pendidikan adik Vino, tergantung payung hukumnya.

“Jika Dinas Sosial Sragen tidak sanggup membiayai pendidikannya, kita di Kubar ini sanggup membiayai pendidikan Vino sampai selesai, dan siap mempekerjakan adik Vino di Kubar,”tegas FX. Yapan.

Yapan juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan juga para donatur atas dukungan dan sumbangannya kepada Vino. Ia juga menyampaikan istrinya membuat rekening atas nama Vino, dan jumlahnya sudah mencapai seratus juta lebih.

“Semoga apa yang sudah diberikan kepada Vino ini dibalas oleh Tuhan Yang Maha Esa,”ungkapnya.

Sementara itu Wakil Bupati H. Edyanto Arkan menambahkan, saat ini Kubar lagi mengalami krisis oksigen dalam menangani pasien covid 19. Segala daya dan upaya sudah dilakukan oleh Pemda, meminta bantuan ke perusahaan bahkan ke Pemprov Kaltim.

“Sekarang kita akan membeli mesin dan tangkinya untuk mengisi oksigen sendiri. Secepatnya kita realisasikan,”janjinya.

Ia menjelaskan, biaya ini yang akan dipakai untuk membeli mesin oksigen ini adalah Biaya Tidak Terduga (BTT), dan nanti akan dianggarkan di APBDP. Agar cepat terealisasi pemda memakai biaya tersebut.

“Kalau kita menunggu APBDP keluar masih lama sekali. Kita akan upayakan pake uang BTT ini dulu, karena kita mengingat nyawa manusia yang dipertaruhkan,”jelasnya.

Bupati dan Wakil menegaskan sekali lagi agar masyarakat sadar dengan keadaan covid yang banyak merenggut nyawa.

Masyarakat diingatkan selalu mentaati prokes yang ada, tunda dulu kegiatan apapun yang mengumpulkan orang banyak, seperti pernikahan, acara lembo lestari dan semua kegiatan yang bisa mendatangkan kerumunan. (arf)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.