ArabicChinese (Simplified)EnglishFrenchGermanIndonesianKorean

BAZ Kukar Gelar Food For Work

September 17, 2009 by  
Filed under Kutai Kartanegara

Share this news

TENGGARONG РSebanyak 120 orang miskin diberi pekerjaan berupa memperbaiki,membersihkan dan mengecat 12 langgar dan masjid yang tersebar di Tenggarong,Tenggarong Sebrang,Loa Janan dan Loa Kulu. Mereka bekerja diberi upah berupa uang tunai Rp 100 ribu serta beras 20 kilogram  seharga Rp 125 ribu perorang.

Warga miskin yang diberi pekerjaan membersihkan masjid

Warga miskin yang diberi pekerjaan membersihkan masjid

Ketua Badan Amil Zakat (BAZ) Kutai Kartanegara (Kukar) H Encik Muginidin,B.Sc menerangkan, pemberian pekerjaan kepada warga miskin ini dalam rangkaian program Food for Work atau bekerja untuk makan mengisi Gerakan Ramadhan tahun ini.

Menurut Mugnidin tujuan digelarnya Food for Work ini untuk mendidik sikap mandiri dan membangun etos kerja dikalangan warga miskin. Untuk memperoleh mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari mereka tak boleh berpangku tangan tapi harus giat bekerja. Tujuan lainnya adalah untuk memperbaiki dan mempercantik rumah ibadah sehingga dapat dimanfaatkan oleh umat untuk beribadah kepada Allah SWT baik selama bulan Ramadhan maupun setelah itu.

” Gerakan Food for Work ini dimulai sejak awal Ramadhan lalu dan berakhir menjelang ‘Idul Fitri. Untuk mendudukung kegiatan ini kami telah mengalokasikan dana sebesar Rp 116,2 juta. Dana ini diambil dari zakat,Infak dan Sadakah yang terkumpul di BAZ Kukar berasal dari Muzakki atau wajib zakat ” kata Mantan Sekkab Kutai Barat.

Dijelaskan pula, setiap rumah ibadah diterjunkan sebanyak 10 orang. Mereka bekerja selama sehari yakni mengganti lantai dan dinding yang lapuk, membersihkan ruangan dan lingkungan langgar atau masjid serta mengecat luar dan dalam . Untuk bahan baku berupa papan,balok paku, cat dan lain-lain disiapkan BAZ Kukar. Kemudian agar kegiatan perbaikan rumah ibadah ini berjalan baik BAZ telah membentuk 3 tim yang bertugas mengawasi dan memberi arahan. Adapun Tim 1 terdiri Ihsan Muslim,SE.I dan Salmiah,SE.I. Tim 2 terdiri Mimi Herlina,SE dan Drs Didi Syahrianto sedang Tim 3 Herlenda,SE dan Erik Faridh Muslim,SP.

Ia menambahkan kegiatan lainnya mengisi program Gerakan Ramadhan Food for Work tahun ini pihak BAZ Kukar mengalokasi dana sebesar Rp 70 juta untuk membantu 56 TK/TPA yang tersebar di Tenggarong,
Loa Kulu,Tenggarong Seberang,Kota Bangun, Muara Wis dan Kembang Janggut. Masing -masing TK/TPA memperoleh bantuan Rp 1.250 ribu untuk insentif guru atau pengajar. Tak hanya itu BAZ Kukar juga membagikan pakaian layak pakai untuk kaum dhuafa . Pakaian layak pakai ini berasal dari sumbangan masyarakat yang terkumpul di BAZ Kukar.

” Jadi zakat, Infaq dan sadaqah yang terkumpul di BAZ telah kami salurkan lagi secara amanah dan bertanggungjawab kepada yang berhak menerimanya. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada umat yang telah mempercayai BAZ sebagai tempat resmi untuk menyalurkan zakat, Infaq dan Sadaqah ” paparnya. (hasis/hmp23)


Share this news

Respon Pembaca

Silahkan tulis komentar anda...





Redaksi menerima komentar terkait artikel diatas. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak tidak menampilkan komentar jika mengandung perkataan kasar, menyinggung, mengandung fitnah, tidak etis, atau berbau SARA.